Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 31 Mar 2018 08:10 WIB

Kapan Saat yang Menguntungkan untuk Beli Mobil?

Meydian Eka Rini - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi Foto: Rangga Rahardiansyah Ilustrasi Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Memiliki kendaraan roda empat saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama apalagi bagi yang mempunyai mobilitas tinggi, juga bagi yang sudah mempunyai keluarga dan anak-anak yang masih balita.

Namun terkadang, kita mempunyai banyak alasan untuk mengganti mobil lama kita dengan mobil baru. Mungkin pada saat anda membeli mobil anda masih berstatus single dan sekarang sudah berkeluarga tentu saja anda membutuhkan mobil yang lebih besar atau anda memang ingin mengganti mobil lama dengan alasan teknologi saja.

Ada beberapa waktu tepat yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang tertentu. Membeli pakaian pun kita biasanya memanfaatkan momen-momen tertentu supaya mendapatkan harga yang lebih murah misalnya midnight sale, diskon pada saat Lebaran atau Natal.

Membeli mobil pun tidak harus terburu-buru harus ada beberapa pertimbangan. Waktu yang tepat juga menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli mobil. Kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil?

Akhir Tahun
Salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil adalah pada saat akhir tahun. Mengapa? Biasanya penjual mobil atau dealer menghabiskan stok mobil yang belum laku terjual di tahun tersebut.

Apalagi di tahun berikutnya dealer mendapatkan stok mobil terbaru. Untuk merangsang daya beli masyarakat, dealer sering memberikan promo menarik seperti cashback, cicilan murah, undian berhadiah. Nah anda bisa memanfaatkan moment ini untuk membeli mobil.

Lebaran
Percaya atau tidak waktu ini bukanlah sebuah mitos untuk membeli mobil bekas. Harga mobil bekas akan turun drastis pada saat setelah hari raya khususnya Lebaran atau hari raya Idul Fitri dikarenakan prioritas setiap orang sudah berbeda.

Keinginan seseorang untuk tampil gaya menjadi alasan untuk membeli mobil baru. Otomatis harga mobil bekas akan menjadi turun apalagi setelah Lebaran harga akan meroket turun ke bawah. Biasanya setelah Lebaran masyarakat sudah tidak mempunyai cukup uang utuk membeli sebuah mobil.

Bukan berarti penjualan mobil bekas menjadi lesu. Banyak sekali orang cerdas yang memanfaatkan momen ini untuk membeli mobil bekas.


Awal tahun
Tidak perlu berkecil hati bila anda tidak bisa membeli mobil pada saat Lebaran. Masih ada waktu lain yang tepat untuk membeli mobil, kapan? Jawabannya adalah pada saat awal tahun.

Setiap produsen mobil akan meluncurkan mobil barunya pada saat awal tahun. Nah di di sini produsen akan gencar mempromosikan produk barunya dengan memberikan berbagai promo menarik. Inilah kesempatan anda untuk membeli mobil baru dengan harga yang jauh lebih murah.

Uang muka terkumpul >30%
Saat anda akan membeli mobil,anda diwajibkan untuk membayar uang muka minimal 30%. Itu artinya anda harus mempunyai uang sebanyak 30% dari harga jual mobil supaya anda bisa membawa mobil impian anda.

Namun alangkah lebih baik apabila anda sudah mempunyai uang diatas 30%. Maka ketika kita mempunyai uang diatas 30% kita akan lebih ringan dan untuk melunasi mobil tersebut dibandingkan dengan kita hanya membayar 30%.

Strategi ini memang terkesan berat di awal namun bila kita bisa melihat sisi positifnya kita lebih murah menyicilnya setiap bulan dan kita lebih cepat terbebas dari utang sehingga kita bisa mewujudkan tujuan keuangan kita lainnya.


Ternyata membeli mobil saja bisa punya kesempatan untuk anda untung ya? Seru kan. Nah hal seperti ini bisa dipelajari di workshop dan kelas yang yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan sehari info http://bit.ly/PMM0318 dan Belajar Menjadi Kaya Raya dengan Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0318.

Sementara, di luar kota, dibuka worshop sehari Mengelola Gaji di Yogya, info http://bit.ly/PMJGS18 dan Belajar Reksa Dana di sini http://bit.ly/RDJGS18. Selain Yogya ada juga workshop sehari untuk belajar mengelola keuangan dan gaji di Surabaya info http://bit.ly/PMSUB18 dan Workshop Kaya dengan Reksa Dana info http://bit.ly/RDSUB18.

Sementara untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning di sini http://bit.ly/BFP0418.

Siap-siap juga awal bulanan Ramadan ada kelas Perencanaan Keuangan Syariah juga, info http://bit.ly/IFP0518, kelasnya hanya setahun sekali lho di bulan Ramadan saja.

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan.

Ingat, Sebagai aset yang nilainya mahal maka anda harus memperhitungkan segalanya yang terkait dengan pembelian mobil. Mulai dari dana yang harus dipersiapkan, cicilan setiap bulannya, keuntungan pembelian tunai sampai benefit dan fasilitas yang didapatkan nanti.

Selamat ngatur duit!

BTW, punya utang yang belum dibayar? Sini detikcom bayarin biar lunas. Caranya bagaimana? Cek di berita ini:

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com