Follow detikFinance
Rabu, 02 Mei 2018 16:35 WIB

THR PNS Makin Besar, Coba Jajal Peruntungan di Usaha Musiman

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
FOKUS BERITA THR PNS Naik
Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini akan semakin besar. Pemerintah tidak hanya menyertakan tunjangan kinerja tapi juga tunjangan keluarga di dalamnya.

Besarnya THR yang diterima ada baiknya dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat ketimbang belanja. Salah satunya dengan menjajal usaha musiman di bulan Ramadan.

"THR besar kalau untuk usaha itu bagus sekali kalau bisa dimanfaatkan," kata Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno kepada detikFinance, Rabu (2/5/2018).

Untuk pengelolaan THR, Mike menyarankan agar membagi-bagi pemasukan yang akan diperoleh PNS pada jelang Lebaran tahun ini. Di antaranya gaji bulanan dan THR yang berisi gaji pokok, tukin dan tunjangan keluarga.

Untuk gaji bulanan dimanfaatkan untuk pengeluaran rutin bulanan. Sementara untuk gaji pokok yang terkandung dalam THR dimanfaatkan untuk keperluan perayaan Lebaran.

Nah sisanya berupa tukin dan tunjangan keluarga bisa dimanfaatkan untuk investasi maupun usaha kecil-kecilan, dimulai usaha musiman untuk awalan. Mike menyaran untuk usaha sebaiknya menggunakan maksimal setengah dari alokasi tersebut.

"Menurut saya uang dari tukin dan tunjangan keluarga bisa dipakai maksimal setengahnya saja buat coba usaha musiman. Karena yang namanya usaha bisa berhasil atau tidak," tuturnya.



Mike menyarankan untuk memilih jenis usaha kecil-kecilan yang biasanya muncul saat Ramadan. Misalnya berjualan kue kering, pakaian ataupun makanan dan minuman khas Ramadan.

"Lebih baik yang cepat habis, lumayan kalau mau dicoba lebih baik," tuturnya.

Sementara untuk pilihan pos investasi tergantung dari besaran dana tukin dan tunjangan keluarga yang diterima. Jika di atas Rp 5 juta, bisa ditempatkan ditempatkan di deposito atau reksadana.

"Kalau belum mengerti investasi ya paling aman deposito yang mungkin 12 bulan atau lebih," imbuhnya.

Jika tukin yang diterima di bawah Rp 5 juta maka Mike menyarankan untuk membeli emas. Namun untuk membeli emas hanya untuk menahan dari gerusan inflasi, minimal disimpan hingga 3 tahun.

Terakhir, bisa dimanfaatkan untuk tabungan pendidikan anak hingga perguruan tinggi. Misalnya dengan mendaftar asuransi pendidikan.

(eds/eds)
FOKUS BERITA THR PNS Naik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed