Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Jun 2018 08:29 WIB

Pos Pengeluaran Penting Saat Berlibur (1)

Stanley Christian - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Baru saja kita melalui Hari Raya Idul Fitri, di mana kita bersilahturahmi dengan keluarga besar dan sanak saudara. Suasana hangat masih sangat terasa, begitu juga suasana liburan yang cukup panjang kali ini.

Mungkin ada yang liburnya beberapa hari saja, hingga ada yang 10 hari lebih. Setiap liburan panjang juga identik dengan kemacetan khususnya saudara-saudara kita yang pulang kampung dari Jabodetabek menuju Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Termasuk saudara-saudara kita yang tidak pulang kampung, tapi secara khusus ikut berlibur ke berbagai daerah.

Nah mumpung suasana masih sangat kental dengan libur panjang, maka tidak ada salahnya saya berbagi sedikit tentang liburan, karena kemarin saya juga pulang ke Semarang dari tanggal 8 Juni - 18 Juni.

Toh momen liburan panjang pasti akan datang lagi, dan bila kita melihat kalender, akhir Desember nanti juga bisa menjadi libur panjang kembali lho, maka coba sedikit kita bahas yuk pos-pos pengeluaran apa saja yang harus kita persiapkan agar liburan nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Transportasi dan Penginapan
Banyak pilihan transportasi untuk berlibur, mulai dari pesawat, kererta, kapal laut hingga kendaraan pribadi alias mobil atau motor. Menentukan transportasi juga menyesuaikan lokasi tujuan berlibur serta waktu liburan yang dimiliki.

Misal anda hanya memiliki waktu berlibur 3 hari dan memutuskan ke Yogyakarta menggunakan mobil, rasa-rasanya liburan tidak akan efesien karena memakan banyak waktu di jalan, dan bisa capek di jalan.

Seharusnya kita sudah bisa menentukan sedari awal ingin kemana dan menggunakan transportasi apa, dan seperti pada umumnya kita akan memesan tiket jauh-jauh hari, hingga beberapa bulan sebelum keberangkatan.

Apalagi pesawat bisa memesan dalam jangka waktu yang lama hingga 1 tahun ke depan, sehingga lebih memungkinkan untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Tanggal 8 juni kemarin saya berangkat ke Semarang menggunakan kereta Api Argo Muria, umumnya berkisar di harga Rp 300.000 - Rp 400.000, dan saya memesan 2 bulan sebelum keberangkatan.

Saya mendapatkan harga Rp 500.000 untuk berangkat dan pulang tanggal 18 Juni dengan kereta yang sama dan mendapatkan harga yang sama pula. Harga yang tergolong wajar mengingat tanggal tersebut merupakan high season.

Sudah memesan jauh hari saja, kita masih mendapat harga yang relatif tinggi, bagaimana dengan teman-teman yang masih saja sering memesan tiket mepet dengan hari keberangkatan, sebenarnya apa alasannya? Apakah karena takut tidak jadi berangkat?

Maka sebaiknya yang namanya berlibur memiliki perencanaan yang baik. Dengan begitu Anda akan berani memesan tiket dari jauh hari. Selain itu, perhatikan juga tanggal berlibur Anda, karena setiap tempat liburan memiliki masa naik dan turun kunjungan wisatawan.

Misalnya musim panas, tentu destinasi pantai cukup ramai wisatawan. Dan bila ingin berlibur ke pantai, semisal Belitung, Lombok atau yang mengharuskan anda menyeberang laut dengan kapal kecil, sebaiknya hindari di musim hujan untuk menghindari ombak yang tinggi.

Yang pasti high season seperti Lebaran dan akhir tahun akan membuat harga tiket transportasi dan penginapan, menjadi lebih mahal. Jadi pastikan Anda tahu kapan high season dan tidak serta cuaca dari tempat yang anda datangi.


Selanjutnya kita mencari penginapan atau akomodasi. Penginapan merupakan hal yang tidak terlepas dalam rencana liburan. Apakah akan menginap di hotel berbintang, hotel budget, losmen, hingga guest house, bahkan beruntunglah bila memiliki saudara di tempat tujuan berlibur dan bisa dijadikan alternatif untuk tempat menginap.

Bila anda memiliki waktu berlibur yang cukup panjang, maka harus anda persiapan dengan baik tempat menginap tadi, mulai dari biaya hingga jenis tempatnya. Jangan sampai tempat menginap tidak nyaman.

Kebetulan liburan saya kali ini, memakan waktu yang panjang yaitu 11 hari 10 malam, dan saya berkali-kali mencari hingga membandingkan penginapan yang sesuai budget serta nyaman.

Untungnya sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk mencari penginapan serta bisa membandingkan harga, plus bisa melihat review dari para traveler sebelumnya yang bermalam di tempat tersebut.

Setelah saya menemukan yang pas, saya tidak memesan dari aplikasi tersebut, karena saya merasa saya menginap cukup lama dan berharap bisa mendapatkan diskon. Dan benar saja, saya mendapatkan potongan harga serta mendapatkan kamar dengan view yang bagus sekali.

Nah bagi teman-teman yang berencana mencari penginapan dengan aplikasi, sekarang kita mendapat fasilitas yang menarik yaitu mendapatkan poin, di mana poin tersebut bila terus dikumpulkan bisa mendapatkan potongan harga yang tentu ini sangat menguntungkan kita. Menyenangkan bukan?


Ingat financial planning dan mengatur keuangan tidak hanya urusan teori cara mengaturnya, tapi juga praktek langsung seperti contoh di atas ini. Hal-hal seperti inilah yang diberikan dan dipelajari di workshop dan kelas yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan info http://bit.ly/PM0618 dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0618.

Selain itu karena banyak orang merasa salah beli asuransi maka kita adakan juga workshop tentang asuransi info http://bit.ly/ASJI0718 dan akan ada workshop cara berkomunikasi dan menjual dengan baik, info http://bit.ly/NLP0718.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning, kelas baru dibulan Agustus dan workshop Intermediate Financial Planning di Pertengahan Juli. Cek infonya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan.

Dalam artikel berikutnya akan dibahas apa lagi pos-pos pengeluaran yang harus anda waspadai selama anda berlibur. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed