Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Nov 2018 06:57 WIB

Mau Coba Menabung Pakai Cara Kreatif? (2)

Stanley Christian - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menabung jangan sekedar asal menabung saja. Ternyata ada lho menabung cara kreatif. Kenapa harus dibuat kreatif sih?

Tujuannya agar anda senang menabung dan menjadikan menabung sebagai kebiasaan yang baik. Lalu apa aja yang bisa anda lakukan?

Foto untuk Motivasi Menabung
Di awal tulisan ini sudah disinggung tentang tujuan keuangan. Nah seperti apa tujuan keuangan anda? Apakah berlibur ke suatu tempat, memiliki rumah atau kendaraan impian?

Coba perjelas lagi liburan ke mana, rumah seperti apa dan kendaraan apa? Anda bisa mulai mengumpulkan foto-foto dari tujuan keuangan anda. Anda bisa cetak foto tersebut dan menaruhnya di dompet atau lemari ketika anda bangun tidur.

Bisa juga Di era teknologi seperti saat ini, anda menjadikannya wallpaper di Handphone, tablet hingga desktop anda. Bila perlu, rangkum dalam sebuah folder dan jadikan foto-foto tersebut itu sebagai pengingat sekaligus motivasi anda dalam menabung.

Dengan anda membawa foto tersebut ke mana-mana dalam setiap kesempatan apalagi wallpaper laptop, ketika anda bekerja pun anda mengingat tujuan keuangan anda.

Ini bisa memacu anda untuk menabung serta membantu menekan pengeluaran anda yang tidak penting demi terwujudnya tujuan keuangant tersebut. Karena saat ini kita sedang 'diserang' penawaran online yang begitu luar biasa.

Menurut Stefanie O'Connell yang merupakan penulis buku keuangan personal dan sekaligus dikenal sebagai 'Millenial Money Expert' mengungkapkan bawah e-mail berisi promo dari online shop dan retail bisa menggoda iman anda untuk menabung.

O'Conell pun menyarankan agar anda stop saja berlanggananan newsletter promo seperti itu. Tanpa adanya akses penawaran promosi tersebut, tentu saja niat belanja bisa berkurang dan secara tidak langsung bisa menjauhkan anda dari godaan dan menekan pengeluaran anda setiap bulan.

Hal ini harus kita akui karena kita sering termakan promosi online untuk membeli berbagai barang yang tidak kita butuhkan.

Kembali soal foto-foto tujuan keuangan, misal kita menetapkan liburan ke Bali sebagai salah satu tujuan keuangan. Cetak foto-foto mengenai Bali khususnya yang ingin anda tuju dan taruh dalam dompet atau jadikan sebagai wallpaper laptop dan juga layar ponsel.

Hal ini bisa menjadi alarm belanja lho. Setiap kali membuka dompet untuk membayar belanjaan, anda akan teringat untuk menabungkan sejumlah uang. Mending mana, menabung untuk jalan-jalan ke Bali atau belanja yang tidak perlu?

Menabung Recehan
Jangan anda pandang sebelah mata apalagi menyepelekan uang recehan. Sediakan tempat khusus atau bisa celengan dengan ukuran besar untuk menampung uang receh anda.

Meski uang receh, tapi ternyata hasilnya bisa sangat signifikan. Jika anda sering mendapatkan banyak receh dari hasil kembalian belanja dan transaksi lainnya, segara taruh di tempat penampungan tersebut.

'Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit' peribahasa ini rasanya sangat tepat mewakili cara menabung yang satu ini. Jangan terlalu banyak berpikir, sisihkan saja uang receh dan ketika anda sadari hasilnya akan menjadi besar.

Dalam setahun saya pernah mendapatkan hampir Rp 300.000 dari uang receh dengan nominal Rp 100 - Rp 1.000. Belum lagi kalau kita mau komitmen dengan nominal Rp 2.000 - Rp 5.000, tentu hasilnya lebih mencengangkan.

Seru kan, banyak materi seru lainnya yang dibahas di kelas dan workshop perencanaan keuangan dan investasi.


Kelas dan workshop yang direkomendasikan adalah yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Nah inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menabung dengan cara yang lebih kreatif untuk mencapai tujuan keuangan anda. Tertarik mencobanya?

Cara di atas memang bukan hal baru, Meski begitu, semuanya layak ditiru demi untuk mewujudkan tujuan keuangan. Segera action dan wujudkan sekarang juga dengan mengambil langkah kecil. Selamat menabung dan Happy Planning!


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed