Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Des 2018 06:56 WIB

Milenial Jalan-Jalan Murah (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Ilustrasi liburan (Thinkstock) Foto: Ilustrasi liburan (Thinkstock)
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau generasi milenial zaman sekarang ngetop dengan hobi mereka menghabiskan uang dengan cara jalan-jalan. Kalau generasi dulu (baca: generasi X dan generasi baby boomer) jalan-jalan bersama keluarga hanya dilakukan satu atau dua kali saja per tahun di saat liburan sekolah anak tengah tahun atau liburan pergantian tahun.

Sementara generasi milenial bisa berlibur kapan saja seakan-akan tidak peduli tanggal liburan. Dan beruntungnya di Indonesia banyak hari libur nasional sehingga menyebabkan banyaknya 'hari kejepit'. Nah, hari-hari inilah yang dimanfaatkan oleh generasi milenial untuk pergi liburan sebentar.

So, akibatnya bisa ditebak dooong... keuangan milenial diduga tongpes. Selain banyak yang hobi belanja secara online, milenial ditenggarai menghabiskan uangnya untuk liburan.

Wait, coba kita lihat dulu kalau liburan anda menghabiskan uang untuk apa saja sih? Sudah pasti yang paling ngabisin duit adalah biaya tiket (pesawat lah yaw, kalau liburannya keluar pulau), atau transportasi lainnya. Kemudian ada biaya penginapan alias akomodasi. Biaya penginapan ini biasanya juga yang ngabisin bujet anda terbesar kedua setelah tiket tadi.

Nah dalam beberapa artikel ke depan kita akan membahas tips dan trik penghematan untuk kedua pengeluaran terbesar dalam liburan ini yaitu hemat dalam membeli tiket dan hemat dalam akomodasi. Yuk simak yuk.

Cari Tanggal Yang Tepat
Meskipun banyak sekali tanggal libur dan hari kejepit, di tanggal-tanggal tersebut sebenarnya mayoritas milenial mempunyai pola pikir yang sama, yaitu mereka mau liburan di tanggal tersebut. Nah, secara otomatis mencari tiket di tanggal-tanggal tersebut akan melonjak, akibatnya bisa ditebak harga tiket pasti juga akan naik.

Apabila pekerjaan anda memungkinkan, selalu cari tanggal liburan di hari kerja biasa atau di luar tanggal-tanggal tersebut. Apabila memungkinkan justru anda harus menghindari tanggalan merah ataupun hari kejepit. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

Pilih Hari Keberangkatan dan Kepulangan Yang Tepat
Selain tanggal merah, banyak orang juga memanfaatkan akhir pekan (weekend) untuk liburan singkat. Akibatnya bisa ditebak, permintaan tiket di hari Jum'at untuk berangkat dan pulang hari Minggu atau Senin pagi juga meningkat yang menyebabkan harga akan melonjak.

Selalu pergi dan pulang di hari Selasa, Rabu dan Kamis saja. Apabila anda ingin berlibur melewati akhir pekan, maka anda bisa berangkat hari Kamis sore/malam, dan pulang hari Senin malam atau Selasa pagi di mana harga tiket pesawat biasanya sudah normal kembali (murah).

Cari Tahu Harga Terendah Airline Anda
Setiap maskapai penerbangan mempunyai patokan harga terendah untuk masing-masing rute penerbangan. Lakukan perencanaan jauh-jauh hari dan lakukan perbandingan harga tiket ke tempat tujuan anda.

Dengan mengetahui harga terendah dari masing-masing maskapai anda bisa tahu kapan sebaiknya tiket anda dibeli. Semakin dekat ke tanggal keberangkatan anda maka akan semakin mahal tiket yang ingin anda beli. So, lakukan perencanaan dan pembelian jauh-jauh hari sebelum tanggal liburan anda.

Lakukan Transaksi Online dan Lakukan Perbandingan Harga
Saat ini sudah sangat lumrah saat ini anda ingin membeli tiket anda akan menggunakan aplikasi online atau yang kemudian dikenal dengan Online Travel Agent (OTA). Nah, selain menggunakan OTA ini anda bisa melakukan perbandingan harga tiket dari masing-masing OTA.

Saat ini sudah banyak sekali OTA di masyarakat sehingga anda punya pilihan. Nah, OTA ini rata-rata masuk ke dalam kategori perusahaan baru atau dikenal dengan Start Up.

Adapun perusahaan start up secara berkala akan mendapatkan investor baru yang akan menambah modal mereka. Salah satu cara menggunakan modal dari investor tersebut adalah dengan mendapatkan langganan setia pengguna aplikasi mereka, yaitu dengan memberikan promo harga lebih murah.

Itu sebabnya anda harus rajin-rajin mengecek OTA-OTA tersebut untuk melihat mana OTA yang memberikan promo pada tiket tujuan wisata anda. Dan manfaatkan kesempatan promo tersebut.


Anda juga bisa mendapatkan promo diskon bila mengikuti kelas dan workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Mau tahu tips selanjutnya agar jalan-jalan anda bisa murah? Ikuti pembahasan di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed