Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Feb 2019 21:12 WIB

Tips Hemat Pakai Dana THR untuk Pensiunan PNS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Selain PNS, TNI/Polri, pemerintah juga memberikan tunjangan hari raya alias THR kepada para pensiunannya. Nah, setelah meneriman THR yang akan cair Mei nanti, sebaiknya para pensiunan memakai dana itu untuk apa?

Perencana keuangan Andy Nugroho menjelaskan untuk pensiunan harus berhati-hati dalam mengelola dana THR sehingga agar arus kas selama Lebaran terkendali.

"Apalagi mereka mungkin sudah tidak memiliki penghasilan sama sekali atau tidak ada orang atau pihak yang mensupport mereka secara finansial," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Sabtu (23/2/2019).


Penggunaan THR saat Lebaran oleh pensiunan juga sebaiknya dilakukan secara sederhana atau terukur. Termasuk saat membagi-bagikan dananya untuk anak cucu tercinta.

"Memang ini kan jadi kesenangan tersendiri bagi mereka ketika bisa memberikan sesuatu untuk anak cucu," imbuh dia.


Di sisil lain bagi pensiunan PNS, TNI/Polri yang tidak punya dukungan finansial lagi, Persentase THR yang dibelanjakan untuk Lebaran sebaiknya maksimal cukup 50% dari total dana.

"Selebihnya sebaiknya diamankan utk kebutuhan sehari-hari. Bagi yang masih memiliki support finansial, bisa membelanjakan dananya hingga maksimal 75%," jelas Andy. (kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed