Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 05 Mei 2019 17:26 WIB

Jangan Khilaf Pas Puasa, Ingat Banyak Pengeluaran saat Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menyambut bulan suci ramadhan jangan sampai membuat kita khilaf karena tidak bisa menahan diri untuk menjaga isi dompet tetap aman. Yang perlu diingat, banyak kebutuhan yang harus disiapkan untuk lebaran.

"Sebenarnya yang harus kita pikirkan adalah ramadhan ini masih antara ya, karena tujuannya sebenarnya pada waktu Idul Fitri kan," kata Perencana Keuangan Financia Consulting Eko Endarto saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Eko menilai kebutuhan saat lebaran biasanya bakal lebih banyak dibandingkan bulan puasa.


"Ingat bahwa tujuannya bukan cuma bulan puasa tapi lebaran besok ya. Itu lebih banyak lagi pengeluarannya, lebih besar lagi pengeluarannya," sebutnya.

Menurutnya bakal berbahaya jika itu tidak disiapkan sejak dini.

"Jadi kalau dia nggak menabung sekarang bisa jadi ketika lebaran besok harus nguras simpanannya dan itu yang agak berbahaya ya," sebutnya.


Dia menjelaskan kebutuhan saat lebaran bakal beragam tergantung bagaimana merayakannya, entah dengan mudik atau tidak. Di tambah pengeluaran lainnya seperti untuk rekreasi, mempercantik rumah, maupun memberikan THR ke sanak saudara.

"Kalau dia mau mudik pasti kebutuhan mudiknya kan yang bertambah, kalau dia nggak mudik berarti kebutuhan makan-makannya yang bertambah di sini, kebutuhan kenyamanan di sininya harus disiapin," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed