Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 10:24 WIB

Jangan Boros! Gunakan THR dengan Bijak

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Uang tunjangan hari raya alias THR pekerja mayoritas sudah cair. Jangan boros-boros menggunakan THR. Dengan kata lain, harus bijak menghabiskan THR itu.

Dalam menghabiskan THR masyarakat terkadang kurang bijak. Lalu bagaimana menggunakan atau memanfaatkan THR dengan bijak?

Perencana keuangan, Rizsa Bambang mengatakan ada dua cara agar masyarakat bijak dalam memanfaatkan uang THR.

Pertama, membelanjakan apapun yang berkaitan dengan kebutuhan Lebaran tidak menjadi masalah asalkan jumlahnya tidak melebihi uang THR yang didapat.


"Bahkan idealnya total pengeluaran hari raya hanya 80-90% dari THR," kata Risza saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Yang kedua, kata Risza adalah menggunakannya berdasarkan skala prioritas, seperti membayar zakat, sedekah, dan lain sebagainya. Bahkan, jika harus mudik hal itu juga menkadi prioritas selanjutnya.

"Misalnya jika tidak punya perencanaan liburan, tapi harus silaturahmi ke luar kota karena orang tua tinggal di sana, maka ini bisa jadi skala prioritas setelah zakat dan sedekah," ujar dia.


Menurut Risza, yang terpenting adalah penerima THR harus bisa mendahulukan kebutuhan bukan keinginan, meski uang THR diberikan setahun sekali untuk pengeluaran saat Lebaran.

"Dalam menentukan skala prioritas ini harus benar-benat sesuai dengan prinsip need vs want, bahkan dalam hal ini versus show of atau pamer status sosial," ungkap dia.



Tonton juga video NGOBS KUY! Harap-harap THR Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com