Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 14:43 WIB

THR Cair Dekat Gajian, Jangan Lupa Bayar Cicilan!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Musim libur lebaran tahun ini terasa beda. Pasalnya pencairan tunjangan hari raya (THR) dan pembayaran gaji sangat berdekatan. Sehingga uang yang ada di rekening terasa banyak dibanding bulan biasanya.

Eits, meskipun yang masuk ke rekening banyak, kebutuhan juga pasti lebih banyak. Bagaimana menyiasatinya?

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan dengan waktu THR dan gaji yang berdekatan ini harus dibuat catatan untuk post anggaran rutin setiap bulannya.

Jadi, gaji tetap digunakan untuk pembayaran rutin, misalnya bayar cicilan rumah, bayar listrik dan biaya kebutuhan yang memang dikeluarkan setiap bulannya.


"Nah ini supaya tidak menyesal karena terlanjur hilaf, uang kebutuhan makan sehari-hari, transport, jajan dan uang sekolah anak sampai tabungan harus diselesaikan dulu," kata Andy saat dihubungi, Rabu (29/5/2019).

Dia menjelaskan, jangan sampai antara THR dan gaji tercampur. Jika memungkinkan bisa dipisah dalam rekening yang berbeda.

"Hal ini untuk meminimalisir penggunaan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak butuh-butuh amat," ujar dia.


Andy mengatakan, jika kebutuhan rutin sudah disiapkan dan dipisahkan. Maka bisa dibuat anggaran untuk penggunaan uang THR.

Meskipun uang THR ini istilahnya uang 'kaget' tapi juga harus tetap memiliki pencatatan. Hal ini dilakukan agar keuangan bisa tetap terpantau dengan baik.

Memang lebaran kali ni, pemberian sangat berdekatan dengan tangga (kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com