Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 14 Jul 2019 17:48 WIB

Untung Rugi Investasi di Reksa Dana

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sebagai produk investasi, reksa dana memiliki kriteria yang hampir sama dengan produk investasi lainnya yakni punya kelebihan dan kekurangan. Perencana Keuangan OneShildt Budi Rahardjo mengatakan, kelebihan dari investasi di reksa dana ialah dari aspek likuiditas.

Sebab, reksa dana bisa dicairkan dalam waktu yang relatif cepat.

"Kelebihan investasi reksa dana dibandingkan di instrumen investasi riil kaya membeli emas, properti, dari sisi likuiditas. Kalau membeli reksa dana suatu saat butuh dana dengan mudah menjual kembali manajer investasinya, dan manajer investasi punya kewajiban membeli unit penyertaan yang kita miliki sehingga dengan mudah dicairkan dalam hitungan hari," katanya kepada detikFinance, Minggu (14/7/2019).

Kelebihan lain dari sisi diversifikasi. Dana yang diinvestasikan investor dikelola oleh manajer investasi sehingga terkumpul menjadi dana yang besar. Dana tersebut ditempatkan ke sejumlah portofolio investasi.


Investasi di reksa dana untuk saat ini bisa dimulai dengan biaya yang relatif kecil. Dengan dana kecil itu, investor bisa memiliki sejumlah portofolio seperti surat utang maupun saham.

"Keuntungan lainnya portofolio kita karena sudah dipilih manajer investasi dan dilakukan deiversifikasi. Investasi sama dengan investor lain, dana yang dikelola besar sangat memungkinkan manajer investasi melakukan diversifikasi yang optimal tanpa biaya besar," ungkapnya.

Sementara, risikonya ialah nilai reksa dana bisa naik atau turun. Tentu, hal ini tergantung dari aset dasar atau underlying asset reksa dana itu.


Untuk reksa dana pasar uang, fluktuasinya tidak terlalu besar namun hal ini menggambarkan jika keuntungan yang diperoleh juga terbatas. Sebaliknya, reksa dana saham fluktuasinya tinggi namun menawarkan keuntungan yang besar.

"Kalau bicara reksa dana saham berarti ikut sifat potensi keuntungan dan volatilitas saham. Saat kondisi market turun, apapun pilihan atau diversifikasi manajer investasi pasti portofolio turun kita sebut risiko pasar," tutupnya.


Untung Rugi Investasi di Reksa Dana
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed