Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 06:12 WIB

5 Jurus Ampuh Supaya Gaji Nggak Cepat Habis

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebagai karyawan gajian sudah setiap bulan. Karir pun mungkin cukup lancar sehingga penghasilan naik terus setiap tahun. Tetapi, kenapa ya masih juga mengalami gajian habis tidak sampai 10 hari? Nah, coba ikuti 5 cara ini agar gaji Anda bisa bertahan hingga waktu gajian berikut ini:

Bagi dan atur gaji bulanan
Satu minggu sebelum tanggal gajian, luangkan waktu untuk mengisi tabel rencana pengeluaran yang Anda inginkan di bulan mendatang. detikers bisa gunakan aplikasi keuangan di smartphone atau membuat catatan tertulis. Jika detikers masih sering pakai cash, maka biasanya lebih pengeluaran lebih sulit terlacak.

Secara sederhana, bagi gaji Anda untuk 3 hal yaitu hidup rutin (Living) 50%, tabungan dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%. Jika Anda masih memiliki cicilan pinjaman rumah, maka dana ini umumnya dialokasikan sebagian dari porsi investasi dan juga bersenang-senang. Sedangkan, jika Anda masih memiliki cicilan atas utang kartu kredit, maka dana untuk pembayaran mutlak diambil dari porsi bersenang-senang.

Gunakan rekening tabungan yang terpisah
Rajin membagi pos pengeluaran tetapi masih dari satu sumber rekening tabungan hanya akan menunda masalah saja. detikers, saya sangat sarankan memiliki rekening tabungan yang berbeda dengan rekening yang dipakai operasional


Buat prioritas tujuan keuangan
Banyak keinginan, sedikit sumber dana? Wajar, namanya juga manusia yang punya banyak kemauan. Tetapi, Anda wajib membuat urutan prioritas mana pos yang harus didahulukan. Saya sarankan dahulukan membayar cicilan, membayar komitmen biaya hidup, dan investasi.

Batasi pengambilan uang tunai di ATM
Seseorang umumnya akan lebih boros dalam pengeluaran apabila memiliki dana tunai terlalu banyak di dompet. Coba hitung berapa kebutuhan dana tunai Anda setiap minggunya, dan batasi pengambilan uang tunai sesuai dengan rencana pengeluaran. Saran saya, batasi trip ke ATM hanya satu minggu sekali yaitu setiap hari Senin.

Punya tujuan jangka pendek
Rasa bosan untuk berinvestasi disebabkan tidak adanya hasil yang dinikmati dalam waktu dekat. Itu sebabnya, miliki lah satu tujuan keuangan yang sifatnya jangka pendek, misal setiap 3 bulan sekali, sehingga membuat Anda semakin semangat untuk menabung.

Live a beautiful life!



Simak Video "Tips Mengelola Keuangan Ala Astrid Tiar"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com