Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 06:32 WIB

3 Cara Cepat Jadi Orang Kaya, Asli Bukan Kaleng-kaleng

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
1 Cari Tambahan Penghasilan
Halaman 2 dari 2
Foto: Rachman Haryanto

Cari Tambahan Penghasilan

Kunci kedua yang juga tidak kalah penting adalah mencari tambahan penghasilan. Ingat matematika cash flow di atas bahwa untuk bisa menjadi kaya berarti penghasilan harus besar dan pengeluaran harus kecil sehingga ada uang tersisa.

Mencari penghasilan bisa dilakukan dengan banyak hal. Yang paling mudah adalah dengan memperbanyak kerja lembur, apabila hal tersebut memungkinkan di tempat kerja anda. Dengan bekerja lembur anda bahkan bisa dilihat sebagai salah satu karyawan yang berdedikasi tinggi pada perusahaan anda.

Alternatif kedua adalah dengan melakukan pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan bisa dengan menjadi Barista di coffee shop baik lokal maupun internasional.

Ataupun anda bisa mengambil pekerjaan sejenis lainnya yang menambah penghasilan anda. Apabila anda ingin bekerja sendiri tanpa terikat, maka anda bisa menjadi driver online baik taxi maupun ojek online. Anda bisa mengatur waktu kerja anda sesuai kondisi anda.

Alternaif lainnya adalah memaksimalkan hobi dan keahlian anda. Apabila anda punya hobi memasak maka anda bisa membuka usaha makanan baik menjual makanan secara online (seperti rice bowl yang sekarang sedang ngetop) ataupun membuka usaha katering.

Apabila anda hobi berolah raga maka andapun bisa menjadi coach atau pelatih untuk anak-anak. Selain itu apabila anda punya keahlian seperti Bahasa Inggris, maka anda bisa menjadi guru Bahasa Inggris atau bila anda bisa mengaji maka andapun bisa mengajarkan anak-anak mengaji Iqro.

Intinya keahlian apapun yang anda miliki bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan baik secara paruh waktu bahkan penuh waktu.

Konsisten
Terakhir yang tidak kalah penting adalah ketika anda mulai melakukan hal tersebut di atas adalah untuk selalu konsisten dalam melakukannya. Dua hal di atas sebenarnya tidak sulit, akan tetapi konsisten untuk selalu melakukannya setiap harilah yang paling sulit.

Untuk bisa konsisten anda harus punya tujuan keuangan, pengingat dan pencatatan secara rutin juga. Nah hal ini bisa dilakukan secara manual dengan menulis atau secara otomatis dengan menggunakan teknologi dan aplikasi.

Lakukan perhitungan dan persiapan dengan baik dan benar agar tidak menyusahkan di kemudian hari. Untuk membuat perencanaan, anda bisa melakukan perhitungan dan bersimulasi menggunakan aplikasi gratis yang bisa diunduh disini.

Selain mencatat anda juga penting untuk berinvestasi dan berasuransi. Permasalahan dengan investasi masih banyak orang yang awam. Sementara untuk berasuransi banyak masyarakat yang enggan karena takut dikejar-kejar oleh agen, padahal mereka baru hanya mau tahu berapa besar sih premi yang mereka harus bayarkan.Nah, untuk hal ini ada solusinya, anda bisa cek premi asuransi tanpa takut dikejar-kejar agen melalui aplikasi yang bisa diunduh disini.

Selain itu anda juga bisa belajar dengan mengikuti kelas dan workshop tentang keuangan, infonya bisa anda dapatkan dari aplikasi tersebut di atas atau anda bisa cek disini.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com