Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Des 2019 05:29 WIB

3 Kerugian Kalau Nggak Punya Dana Darurat (2)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Dana darurat, sudah ada orang-orang yang paham tentang pengertian dan pentingnya dana darurat ini, tapi banyak juga masyarakat yang belum memilikinya. Hampir sama seperti asuransi, bahkan sering dikatakan dana darurat adalah 'self insure', di mana kondisi darurat adalah kondisi yang tidak ingin kita alami, akan tetapi tetap harus kita simulasikan sehingga bisa kita persiapkan.

Kenapa harus dipersiapkan? Karena ketika kondisi darurat terjadi kebanyakan dari kita tidak bisa langsung berpikir jernih.

Kita akan membutuhkan waktu untuk membaca situasi sebelum mengambil keputusan dan bertindak. Sementara ketika kita menggunakan waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan tersebut, kehidupan sehari-hari tetap berjalan dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu banyak orang yang kemudian merasa 'buntu otak'. Itulah sebabnya pentingnya dana darurat, untuk memberikan anda waktu dan juga menopang secara finansial bila suatu hari terjadi kebutuhan mendadak dan bersifat darurat.

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas bahwa kondisi darurat bisa memaksa membuat anda dan keuangan anda berantakan, khususnya cash flow keuangan bulanan anda. Lalu, apalagi sih yang bisa terjadi?
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pentingnya Siapkan Dana Darurat "
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com