Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Jan 2020 07:00 WIB

Tidak Esensial Tapi Ternyata Ada (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjd & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Beberapa minggu terakhir kebetulan saya membawakan materi persiapan keuangan memiliki anak, masa kehamilan, persalinan dan pasca persalinan untuk salah satu farmasi yang kebetulan juga produsen susu.

Di dalam materi saya sampaikan bahwa memiliki anak adalah tanggung jawab jangka panjang yang harus dilakukan oleh orang tua, sehingga persiapan baik mental maupun finansial menjadi sangat penting.

Dalam materi yang saya bawakan sendiri bisa dilihat bahwa secara finansial banyak sekali biaya-biaya yang harus disiapkan. Misalnya, untuk perencanaan kehamilan anda sebaiknya melakukan serangkaian tes dulu yang dikenal dengan TORCH.

TORCH sendiri adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya Toksoplasmosis, infeksi lain/Other infection, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus (disingkat TORCH), pada ibu hamil atau yang berencana hamil, untuk mencegah komplikasi pada janin.

Untuk melaksanakan tes ini dibutuhkan biaya yang lumayan, apalagi bisa ternyata anda (calon ibu) terkena. Hasil cek-cek di internet, rata-rata biaya tes lengkap ini total sekitar Rp 1,5 juta - Rp 2 juta, bahkan bisa lebih.

Belum lagi kalau harus ada terapi dan penyembuhan, maka anda harus menyiapkan dana untuk ini terlebih dahulu.

Lalu masuk ke masa kehamilan maka dana dan biaya yang harus ada persiapkan akan naik. Yang wajib dipersiapkan adalah biaya kontrol ke dokter rutin bulanan.

Di awal masa kehamilan dan mendekati masa persalinan biasanya kunjungan ke dokter naik 2 kali lipat. Oleh sebab itu anda harus menyiapkan sekurang-kurang 12 kali biaya kunjungan ke dokter untuk kontrol.

Selain itu juga ada biaya vitamin yang diberikan secara rutin, baik vitamin penguat rahim dan untuk di ibu serta ada biaya cek darah. Yang tidak kalah penting adalah biaya untuk USG untuk "mengintip" si dedek di dalam perut.

Nah, biaya USG sendiri saat ini ada yang 2 dimensi, 3 dimensi dan 4 dimensi. Biaya USG ini akan tergantung dari tingkat dimensi yang ingin anda pakai, semakin tinggi maka semakin mahal.

Biaya USG beserta print fotonya sendiri berkisar antara Rp 200 ribu untuk yang 2D sampai lebih dari Rp 500 ribu untuk yang 4D. Kebayang kan berapa besar persiapan yang harus anda dan istri miliki semasa kehamilan ini.

Selesai sampai di situ? Tentu tidak, Ferguso. Kita akan mencapai pengeluaran yang tertinggi di masa awal dari memiliki anak yaitu biaya persalinan.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com