Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 12 Jan 2020 06:32 WIB

Banjir Lagi, Eh Tapi Sekarang Sudah Lebih Siap Dong!

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Asuransi Partners - detikFinance
Foto: Deny Prastyo UtomoBan
Jakarta - Masih menyambung tema banjir dari artikel sebelumnya, pada akhirnya setelah kejadian seperti saat inilah banyak orang baru berpikir betapa pentingnya untuk punya dana darurat. Mengapa? Karena banjir adalah musibah dan musibah sendiri adalah kondisi darurat, itu sebabnya kita semua harus memiliki dana darurat.

Nah momentum banjir dan agar Anda lebih siap lagi ke depannya. Yuk kita hitung kebutuhan dana darurat berapa besar sih dana yang dibutuhkan apabila Anda terkena musibah banjir seperti sekarang ini?

Saya coba dulu copy dari tulisan sebelumnya untuk kita bahas lebih detil satu persatu di tulisan saat ini, beserta pemenuhan biayanya:

1. Apakah Anda sudah punya Dana Darurat. Kondisi banjir seperti saat ini adalah salah satu bentuk kondisi darurat. Apabila Anda mempunyai cukup dana maka uang tersebut bisa Anda pakai untuk:
a. Biaya selama pengungsian (bisa ke hotel atau sewa rumah/apartemen),



Nah mari kita hitung bersama biaya mengungsi selama banjir ini. Biasanya di saat banjir akan membutuhkan waktu sekitar 1-3 hari sampai air surut, tergantung dari berapa parah Anda terkena banjir. Setelah air surut pun butuh waktu 1-2 hari untuk membersihkan rumah Anda dari lumpur, sampah yang mungkin masuk, membuang perabotan yang mungkin tidak bisa diselamatkan, dll. Jadi total dibutuhkan waktu 2-5 hari dalam masa pengungsian.

Apabila ada saudara kandung atau saudara lain di kota yang sama, Anda mungkin bisa numpang berteduh. Tapi kalau numpang kelamaan juga tidak enak. Nah solusinya cari sewaan seperti kamar kosong, apartemen atau kos-kosan. Kalau melihat dari aplikasi AirBnB rata-rata sewa apartemen studio harian adalah sekitar Rp. 200-Rp. 250 ribuan. Demikian juga dengan aplikasi yang menyewakan kamar kos untuk tinggal harian di kisaran harga yang sama.

Kalau Anda hanya berdua dengan pasangan maka mungkin cukup menyewa 1 kamar. Tapi bila Anda ngungsi sekeluarga dengan anak-anak dan mungkin pengasuhnya maka Anda butuh menyewa minimal 2 ruangan. Disini saya pakai contoh sewa murah tapi layak huni, jadi tidak ke hotel mewah atau tidak juga tidur di sembarang tempat. Berarti Anda akan mengeluarkan uang sekitara Rp. 1-2 jutaan bahkan bisa lebih bila Anda ternyata mengungsi lebih lama lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com