Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mei 2020 05:00 WIB

Ramadhan Tahun Ini Bisa Lebih Hemat

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi THR Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pada bulan puasa atau Ramadhan, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Pada saat bulan puasa ini ada beberapa hal yang sudah menjadi tradisi untuk dilakukan selama bulan puasa.

Tradisi ini biasanya kemudian menimbulkan biaya hidup yang meningkat di bulan Ramadhan yang menyebabkan mengatur keuangan di bulan suci ini lebih menantang dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Tapi tidak dengan Ramadhan tahun ini yang sangat istimewa. Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan sebagian besar orang Indonesia sejak diberlakukannya School From Home (SFH) dan Work From Home (WFH).

Nah, apa saja tradisi tersebut dan bagaimana kita bisa menghematnya? Yuk kita bahas yuk.

Beberapa tradisi yang sering dilakukan semasa bulan puasa pada saat kondisi normal misalnya buka puasa bersama, yang jika tempatnya memungkinkan juga dilanjutkan dengan salat tarawih berjemaah. Komponen buka puasa bersama ini ternyata lumayan menghabiskan uang lho.

Apalagi 1-2 minggu sebelum lebaran tradisi buka puasa bersama ini semakin meningkat bahkan bisa hampir setiap sore. Ajang ini kerap dijadikan tempat untuk reuni dan kumpul bersama teman yang sudah jarang sekali bertemu. Akan tetapi bila anda tidak hati-hati maka biaya ini akan membengkak.

Bulan Ramadhan kali ini beda. Keharusan kita tinggal di rumah dan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah membuat kita tidak bisa melakukan buka puasa bersama. Lagian restoran dan mal juga biasanya tutup dan dilarang menerima pengunjung.

Dalam kondisi seperti sekarang ini bayangkan bisa berapa banyak biaya pengeluaran buka puasa bersama yang bisa anda hemat, simpan dan investasikan nanti? Coba kita buat simulasi simple. Bila biaya buka puasa bersama sekitar Rp 50.000 di mal, maka bila anda buka puasa 15 hari atau setengah bulan dari seluruh hari di bulan Ramadhan, maka anda akan menghabiskan biaya sebesar Rp 750.000. Biaya inilah yang anda hemat di bulan puasa kali ini.

Berikutnya, pada saat bulan Ramadhan yang normal adalah saat yang dinantikan untuk membeli pakaian baru. Walaupun sebenarnya tidak ada kewajiban untuk memakai pakaian baru, namun di Indonesia sepertinya sudah menjadi tradisi pada saat Idul Fitri untuk menggunakan pakaian baru. Pada bulan Ramadhan biasanya cukup banyak diskon yang ditawarkan oleh toko-toko, terutama di pusat perbelanjaan, sehingga hal ini seringkali menjadi pembenaran untuk berbelanja baju baru.

Corona menguasai bumi akibatkan sejumlah hewan bebas keluar

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com