4 Jenis Emas yang Biasa Dijadikan Investasi (3)

Steven Ransingin-Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 15 Jun 2020 06:30 WIB
Gold prices
Foto: Getty Images/iStockphoto/Aslan Alphan
Jakarta -

Emas sering dijuluki sebagai simpanan atau investasi orang-orang tua zaman dulu. Kenapa? Ya karena orang zaman dulu seperti Kakek Nenek kita memang menyimpan uang mereka dengan cara membeli emas. Lagi pula zaman dulu pilihan produk keuangan dan produk investasi memang sangat terbatas kan.

Di zaman sekarang ketika pilihan investasi sudah beragam, orang tetap tidak pernah meninggalkan emas sebagai salah satu wahana investasi mereka. Bahkan kalau dilihat-lihat harga emas selalu naik seiring berjalannya waktu. Saat ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000 sampai dengan Rp 900.000-an per gram.

Lalu emas apa saja sih yang bisa dijadikan wahana investasi? Saya sudah melakukan pembahasan di artikel-artikel sebelumnya.

Emas perhiasan sudah dibahas di artikel pertama, lalu emas batangan dan emas tabungan juga sudah dibahas di artikel kedua. Nah emas apa lagi yang kurang?

Emas Trading

Meskipun memiliki jenis yang kurang lebih sama secara bentuk dengan emas tabungan yaitu digital, namun untuk perlakuannya jelas sangat berbeda. Memang pada dasarnya untuk mendapatkan keuntungan pada emas trading diperlukan beberapa hal, salah satunya adalah memiliki rekening juga, yang digunakan untuk meletakkan jumlah uang yang kita miliki dan dikonversikan pula dengan besar nilai emas tersebut dalam hitungan gram.

Namun tujuan emas trading ini adalah untuk memfokuskan kita mendapatkan keuntungan entah itu harian, mingguan atau bulanan dari capital gain, atau yang kita sebut selisih antara harga jual dan harga beli, tujuan emas trading bukan seperti emas tabungan yang memasukkan uang kita lalu diparkir atau didiamkan. Tapi di emas trading dikelola untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Orang-orang yang memiliki emas trading biasanya paham betul akan grafik, mereka sangat berteman akrab dengan grafik yang digunakan untuk membaca pergerakan emas trading harian.

So, itu tadi adalah penjelasan dari 4 jenis emas yang biasa dijadikan pilihan investasi, koleksi, meraup keuntungan oleh beberapa bermacam-macam tipe seseorang, Jika
ditanya yang mana yang paling bagus, sejujurnya 4 jenis emas tersebut sungguh bagus untuk dimiliki namun semua itu tergantung dari apa tujuan kita memiliki emas tersebut, berapa lama kita ingin memiliki emas tersebut, bagaimana cara kita memperlakukan jenis emas tersebut, dan seberapa besar pengetahuan yang kita miliki pada keempat jenis emas tersebut.

Yang paling penting adalah bukan hanya kita mengetahui dan mempelajari tapi jangan lupa juga kita untuk mempraktekkan sekalian juga praktek berinvestasi. Apabila kamu masih takut untuk berinvestasi, bisa lho bertanya kepada ahlinya (Financial Planner) melalui aplikasi Moneesa.

Unduh dulu aplikasinya di sini, daftar kemudian login dan cari fitur Ask Planner atau MonPlanner, kemudian pilih Perencana Keuangan yang kamu suka dan chat deh dengan mereka. Kalau mau curhat juga boleh.

Oh iya kamu juga bisa chat dengan agen asuransi tapi menggunakan aplikasi berbeda yaitu Bregaswaras. Coba deh unduh di sini. Di aplikasi ini juga sambil olah raga di rumah lho, ada panduan gerakannya gratis, seru kan bisa chat dan olah raga.

Untuk yang mau belajar secara online juga bisa lho, ikutan aja workshop online dengan harga terjangkau, info bisa dibuka di sini.

Jadi ada kata pepatah tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali dan mempelajari instrumen investasi yang ingin kita miliki, sebelum kita memiliki, karena kenapa ketika kita tidak mempelajari dahulu,dan saat itu kita mengalami kerugian yang cukup besar akan investasi tersebut maka hanya ada rasa kapok yang meliputi kita, dan kita akan lantang berkata bahwa semua investasi sama saja bikin kita merugi, padahal semua kembali lagi pada hal-hal pedoman di atas. So selamat mencoba!



Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)