5 Jenis Investasi yang Bisa Jadi Pilihan

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 07:00 WIB
ilustrasi investasi
5 Jenis Investasi yang Bisa Jadi Pilihan

5. P2P Lending
P2P Lending atau yang memiliki kepanjangan Peer to Peer Lending adalah layanan jasa/platform yang mempertemukan si pemodal dan si peminjam melalui sistem elektronik
menggunakan internet.

Keuntungannya dari kita si pemberi modal kepada usaha yang membutuhkan pinjaman modal adalah bunga yang diberikan oleh perusahaan di awal, sebesar 8-20% tergantung seberapa besar usaha tersebut.tentunya si peminjam wajib mengembalikan modal yang dipinjam entah untuk cashflow perusahaan atau untuk pengembangan usaha.

Kerugiannya berinvestasi dalam P2P Lending adalah apabila usaha tersebut mengalami gagal bayar,maka uang yang kita investasikan tidak dapat kembali, biasanya platform yang menjadi perantara pemodal dan peminjam memiliki siasat menghindari gagal bayar sekecil mungkin.

Dan jangan lupa P2P ini menggunakan platform bisa berbentuk website (situs) atau aplikasi. Oleh sebab itu akan lebih bijaksana menggunakan P2P yang juga sudah bekerja sama dengan aplikasi lain seperti aplikasi perencana keuangan agar proses due diligence juga sudah dilakukan oleh aplikasi tersebut.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Moneesa di sini, sementara untuk mengetahui kebutuhan asuransi anda bisa mencoba cek di sini secara gratis. Dan kalau mau belajar lebih detil tentang produk keuangan, produk investasi dan perencanaan keuangan, bisa ikut workshopnya di sini.

Jadi itu tadi adalah 5 jenis investasi keuangan lengkap dengan keuntungan dan kerugiannya,jika masih ada yang bertanya diantara 5 instrumen tersebut,yang mana yang
paling bagus? Jawabannya adalah semuanya bagus.

Mau dilihat dari mana dulu? resiko? bunga? likuiditas? cara mengelola? Nah kan bingung sendiri yaa? jadi pertanyaan yang lebih tepat adalah investasi mana yang cocok dengan kebutuhan masing-masing tiap orang dalam memenuhi tujuan keuangannya. so,selamat mencari minat dan belajar pada instrumen tersebut singkat kata selamat mencoba!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

Halaman


Simak Video "Kata Perencana Keuangan Soal Fenomena Pemberian Hampers"
[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)