Cair Agustus, Gaji 13 2020 Bagusnya Dipakai buat Apa?

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 25 Jul 2020 15:15 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Kementerian Keuangan memastikan gaji ke-13 dicairkan pada Agustus 2020. Pencairan hanya berlaku untuk pejabat eselon III ke bawah, TNI dan Polri, serta pensiunan. Anggaran yang disediakan pemerintah sekitar Rp 28,5 triliun.

Biasanya gaji ke-13 diberikan untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah di tahun ajaran baru. Bagi PNS yang belum memiliki beban biaya pendidikan anak, gaji ke-13 2020 bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal.

Perencana keuangan, Safir Senduk mengatakan gaji ke-13 2020 bisa dimanfaatkan untuk dana darurat, investasi, dan juga modal usaha.

"Jadi kalau ditanya dipakai untuk apa, simpan untuk dana darurat, itu lebih prioritas," kata Safir saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/7/2020).

Sedangkan untuk investasi, dia mengaku penggunaan gaji ke-13 2020 bisa dimanfaatkan untuk membeli emas. Menurut dia, emas menjadi salah satu instrumen yang paling akrab di masyarakat.

"Karena fisiknya ada dan mudah didapat dan jarang turun drastis harganya," jelasnya.

Bagi ASN yang ingin memanfaatkan gaji ke-13 2020 untuk modal usaha pun bisa dilakukan. Perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari mengatakan para pegawai negeri sipil ini bisa memilih konsep usaha yang sederhana, misalnya menjadi reseller.

Menurut dia, usaha-usaha yang sifatnya tidak mengganggu jam kerjanya berpotensi untuk dilakukan.

"Bisa juga jualan makanan frozen, jadi beli kulkasnya dan stok barang makanan frozen,. Karena praktis, nggak usah repot dengan asumsi waktu jualannya terbatas," ujarnya.



Simak Video "Ini 12 Kategori PNS yang Nggak Dapat THR"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)