Keluar dari Jeratan Utang dengan 5 Langkah Ini! (1)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 08:08 WIB
man hand show rupiah money on white background
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak dari kita tau caranya berutang atau bahkan sebagian besar dari kita memiliki utang. Entah apapun itu bentuknya, berapa lama jangka waktunya, tapi sayangnya kita tidak pernah diajarkan cara berutang yang baik dan benar, lalu pertanyaannya adalah untuk apa kita berutang? untuk memenuhi kebutuhan hidup kita? untuk memenuhi gaya hidup kita? untuk meningkatkan taraf hidup kita? Ke arah positif atau negatif? Jelas seharusnya kita tahu dulu tujuan kita berhutang sebelum berhutang.

Nah masalahnya nyaris semua orang tahu tujuan dan cara berutang tapi tidak tahu Teknik berutang yang benar-benar meningkatkan taraf hidup kita secara ekonomi ke arah yang lebih mapan dan sejahtera. Yang kita tahu berutang untuk memenuhi gaya hidup, membeli barang mewah, atau yang lebih parah untuk menyambung hidup. Sebenarnya sah-sah saja berutang untuk membeli barang mewah selama barang mewah tersebut memberikan pendapatan untuk kita, yang repot kan ketika barang mewah tersebut menjadi beban bagi kita, harus membayar cicilan per bulan, perawatan, pajak dan sebagainya.

Kalau udah kewalahan seperti itu, maka kita hanya bisa merenung,menyesal dan menambah utang lagi, so stop itu semua sedari sekarang, semua bisa diperbaiki asal kita tahu cara, langkah dan tekniknya, mari kita belajar melalui 5 langkah aplikatif ini.

1.Mulai Dengan Membuat Daftar Utang

Ada pepatah yang bilang "segala sesuatu yang tidak dapat diukur pasti tidak dapat diperbaiki", maka langkah awal terbebas dari jeratan utang adalah dengan membuat daftar dari seluruh utang yang dimiliki berapapun besar kecilnya wajib di data, Kemudian lengkapi dengan pokok dan besar bunga yang ditanggung. Banyak orang yang tidak pernah terbebas dari utang karena tidak tahu berapa banyak dan berapa besar utang yang mereka miliki.

Mereka terlalu takut dengan besar jumlah utang yang mereka buat sendiri, kalau sudah seperti ini menyesal dan berdoa saja tidak cukup, kita butuh tindakan nyata yaitu menghadapinya dengan cara membuat daftar utang, tentu tidak akan langsung lunas atau membuat kita lega, tapi ibarat pergi tanpa tahu tujuan tidak akan lebih baik seperti pergi dengan tujuan, maka kita akan tahu tujuan kita dengan membuat daftar utang tersebut.

2.Menentukan Cara Pelunasan

Setelah membuat daftar utang yang kita miliki langkah berikutnya adalah menentukan cara pelunasannya, sama seperti ketika kita berpegian, membuat daftar utang adalah
menentukan tujuan kita akan pergi kemana, dan menentukan cara pelunasannya adalah menentukan dengan moda transportasi apa kita akan pergi ke tujuan kita.

Maka langkah yang harus kita lakukan adalah mengurutkan jumlah utang yang kita miliki dari yang terkecil hingga yang terbesar, kemudian seperti diawal lengkapi beserta
bunganya, Untuk cara pelunasannya ada banyak metode teoritis yang bisa digunakan, ada debt stacking ada debt snowball dan lain sebagainya mau dari utang dengan bunga terbesar ke utang dengan bunga yang terkecil boleh, Mau kebalikannya juga boleh, semua caranya sah-sah saja tergantung dengan tingkat pengetahuan dan pengalaman masing - masing orang, semuanya baik dan benar adanya.

Balik lagi ke nomor 1, membuat daftar hutang bisa anda lakukan sendiri atau menggunakan aplikasi misalnya Moneesa dimana anda bisa memasukan utang-utang apa saja yang anda miliki serta menandai kapan jatuh tempo dan pembayaran cicilannya. Aplikasi Moneesa bisa diunduh di sini. Selain itu anda juga bisa mengetahui kebutuhan asuransi anda bisa mencoba cek disini secara gratis .

Selain itu anda juga bisa belajar perencanaan keuangan sendiri dengan mengikuti kelas Basic Financial Planning , untuk info bisa dibuka disini. OK 2 cara sudah kita bahas, masih ada 3 lagi yang akan dibahas pada artikel berikutnya. Tunggu ya.



Simak Video "Utang Luar Negeri Indonesia Tumbuh 4,1% Jadi Rp 6.104 T"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)