Keluar dari Jeratan Utang dengan 5 Langkah Ini! (2)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 07:30 WIB
man hand show rupiah money on white background
Foto: iStock

5. Menambah Penghasilan atau Turunkan Gaya Hidup

Langkah terakhir mungkin menjadi langkah terberat padahal ini adalah langkah yang menentukan mereka akan terbebas atau tidak dari jeratan utang, Yes! Yaitu dengan menambah penghasilan atau menurunkan gaya hidup atau yang lebih bagus lagi melakukan keduanya.

Dua lebih baik dari satu kan dalam kasus ini? Nah menurut hokum fisika gaya berbanding lurus dengan tekanan artinya kalo hidup kita banyak tekanan dalam hal ini utang maka artinya hidup kita kebanyakan gaya, berhenti dulu membeli barang mewah, berlibur, jajan-atau makan di luar, yang harus kita lakukan berhemat atau tambah penghasilan kita.

Bagus kalau kita bisa melakukan keduanya karena sebagian besar orang kesulitan melakukan keduanya atau menambah penghasilan, maka minimal kita turunkan gaya hidup kita agar utang kita lunas.

Pertanyaannya sampai kapan kita harus menurunkan gaya hidup kita?, ya sampai penghasilan kita mampu memenuhi gaya hidup kita, Yang pasti kita bisa membuat perencanaan dan mencatatnya agar bisa keluar dari jerat hutang dengan menggunakan aplikasi Moneesa.

Aplikasi Moneesa bisa diunduh di sini. Selain itu anda juga bisa mengetahui kebutuhan asuransi anda bisa mencoba cek di sini secara gratis. Sementara untuk belajar Perencanaan Keuangan anda bisa mengikuti kelas-kelasnya antara lain kelas Basic yang infonya bisa anda lihat di sini.

So, jangan diulangi lagi ya!, maksudnya apa? Maksudnya ketika utang kita lunas, kita malah kembali membeli barang mewah di luar batas kemampuan kita dengan berhutang lagi! Atau berhutang lagi untuk menaikkan gaya hidup kita, Semestinya kita sudah cukup belajar dari pengalaman dan cukup pintar untuk tidak mengulangi 5 langkah terbebas dari jeratan utang.



Simak Video "Awas Terkecoh Antara Self Reward dengan Pemborosan!"
[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)