Mau Buka Usaha Bermodal Bantuan Rp 600 Ribu? Ini Tipsnya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 25 Agu 2020 12:50 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Kondisi ekonomi yang sedang sulit akibat pandemi virus Corona (COVID-19) membuat harus putar otak mencari tambahan penghasilan, salah satunya dengan menjalankan bisnis. Bantuan yang mau diberikan pemerintah Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan bisa jadi modal usaha.

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengatakan pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta yang mendapat bantuan bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Dia menyarankan sisihkan 50% dari bantuan untuk modal usaha.

"Bisa dan boleh banget kalau mau digunakan sebagai modal usaha, malah hal tersebut bisa jadi potensi menambah pemasukan ke depannya. Cara mengaturnya adalah gunakan dana tersebut sebagai modal usaha maksimal 50% saja dulu karena selebihnya kita alokasikan sebagai dana darurat dan kebutuhan lainnya," kata Andy kepada detikcom, Selasa (25/8/2020).

Dengan modal minim tersebut Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk makanan seperti frozen food, produk pakaian, hingga produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

"Bisnis yang bisa dijalankan seperti menjadi reseller dari produk frozen food, masker, hand sanitizer, sampai produk-produk fashion ataupun aksesories HP (handphone). Syukur-syukur bisa dengan sistem dropshipper sehingga akan dapat semakin meminimalkan modal yang diperlukan," sarannya.

Dalam memperhitungkan uang untuk membuka usaha disarankan harus berhati-hati karena berisiko tinggi. Untuk itu, carilah usaha yang dijalankan hanya jika ada pesanan seperti jualan makanan yang dibuat sistem pre-order (pesan dahulu sebelum memproduksi).

"Bisa jual makanan, katering sistem PO biar resiko kecil karena semua bisnis risiko pasti tinggi, makanya harus diperkecil dengan strategi. Contoh seperti makanan tadi hanya dibuat kalau ada pesanan, jadi sistemnya PO dua kali seminggu," terang Chairman & President Asosiasi Perencana Keuangan IARFC (International Association of Register Financial Consultant) Indonesia, Aidil Akbar Madjid dihubungi terpisah.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Syarat Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]