Dear Milenial, Ikuti Tips Ini Biar Nggak Boncos Saat Pandemi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 20 Sep 2020 06:28 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Masa pandemi COVID-19 belum usai. Generasi milenial harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan yang baik ini akan berdampak baik pula untuk masa depan.

Misalnya dengan tersedianya dana darurat, jika terjadi hal-hal yang tidak terduga maka kondisi keuangan akan tetap aman dan tidak perlu melakukan penjualan aset.

Apa saja ya yang harus dilakukan agar uang bulanan tetap aman?

Direktur/Interim Presiden Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Afifa mengungkapkan dalam mengatur keuangan setiap bulan, dibutuhkan perhitungan kemampuan menyimpan atau menginvestasikan uang.

"Jadi mengaturnya juga harus sesuai kemampuan ya. Misalnya untuk menabung berapa, untuk biaya hidup berapa," kata dia dalam acara kelas edukasi finansial bersama PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Sabtu (19/9/2020).

Afifa mengungkapkan setiap bulan, harus bisa menyisihkan tabungan di awal, apalagi saat ini ekonomi sedang melambat. Kemudian sisanya baru digunakan untuk biaya hidup atau biaya entertain.

Menurut Afifa langkah berhemat atau menabung di awal bukan mengajarkan untuk pelit terhadap diri sendiri. Namun hal ini agar uang yang didapatkan setiap bulannya tidak menguap begitu saja tanpa ada tabungan yang bisa digunakan di kemudian hari.

"Jadi kalau mau nabung atau investasi simpan dulu uangnya baru belanja ya selebihnya," ujar dia.

Menurut dia, pola menabung seperti ini sangat dibutuhkan di masa pandemi yang diliputi ketidakpastian.



Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)