Perhatikan 3 Hal Ini Biar Nggak Kecewa Beli Asuransi

Bareyn Mochaddin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 19:15 WIB
Asuransi
Ilustrasi/Foto: Dana Aditiasari/detikFinance
Jakarta -

Banyak yang memberikan kesan kurang baik jika berbicara tentang asuransi. Ada yang merasa kecewa, tertipu, dirugikan, dan menyesal telah membeli asuransi. Padahal, tidak ada yang salah dari produk asuransi.

Justru, asuransi berperan penting dalam melindungi kamu dari berbagai macam risiko keuangan yang mungkin ada. Kamu jadi tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit, biaya perbaikan kendaraan, dan juga kesejahteraan keluarga bisa tetap terlindungi dengan asuransi.

Sayangnya, keunggulan produk asuransi tersebut masih belum bisa didapatkan oleh banyak orang karena mereka (dan mungkin juga kamu) salah membeli asuransi yang berujung pada kekecewaan.

Padahal, jika kamu memiliki produk asuransi yang ideal, maka kamu akan terlindungi dari berbagai risiko keuangan yang mungkin ada dan menimpa Kamu di masa kini maupun di masa depan (selama perlindungan berlangsung).

Untuk bisa memaksimalkan keunggulan asuransi tersebut, ada 3 hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi:

Asuransi adalah produk yang sangat bermanfaat untuk melindungi Kamu dari berbagai macam risiko keuangan yang mungkin ada. Namun, kebutuhan asuransi dari masing-masing orang tidaklah sama.

Hal ini penting untuk diketahui agar kamu tidak salah memilih produk asuransi. Karena, dampaknya bisa beragam jika Kamu membeli asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Pertama adalah karena kamu tidak mengetahui kebutuhan asuransi, kamu asal beli asuransi dan malah tidak terlindungi dengan asuransi yang kamu miliki. Akhirnya, asuransi yang kamu miliki tidak cukup untuk melindungi risiko yang mungkin menimpa kamu.

Kedua adalah, karena kamu tidak mengetahui kebutuhan asuransi, kamu asal beli asuransi dan malah kamu berlebihan mengambil fasilitas perlindungan yang diberikan oleh asuransi. Hal ini membuat Kamu membayar premi lebih mahal dari seharusnya.

ketiga, karena kamu tidak mengetahui kebutuhan asuransi, bisa saja kamu membeli sebuah asuransi yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Kan sayang uangnya lebih baik kamu simpan atau kamu investasikan daripada harus bayar premi asuransi.

Sehingga, sebelum Kamu memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi, hendaknya kamu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan asuransi dari diri kamu. Asuransi seperti apa sih yang kamu butuhkan?

Adapun kebutuhan asuransi sendiri bisa bermacam-macam tergantung dari kondisi masing-masing orang tadi. Dan kebutuhan sendiri hadir karena kondisi orang tersebut. Harap diingat lagi bahwa asuransi yang kita bicarakan disini adalah asuransi yang murni berfungsi sebagai proteksi, agar bisa memberikan manfaat maksimal bagi penggunanya.

Nah, jenis asuransi sendiri ada berbagai macam (tergantung kebutuhannya tadi). Itulah sebab kenali terlebih dahulu kebutuhan kamu. Misalnya, apabila kamu sudah mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor, maka kemungkinan besar kamu tidak butuh asuransi tambahan sendiri. Ataupun kalau butuh hanya untuk menutupi nominal kebutuhan Kamu setelah dikurangi nominal yang dicover dari kantor tempat kamu bekerja.

Masih soal asuransi, langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2