Perhatikan 3 Hal Ini Biar Nggak Kecewa Beli Asuransi (2)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 08:30 WIB
Ilustrasi Asuransi
Foto: shutterstock

3. Jenis Produk Asuransi

Produk asuransi sangatlah beragam, salah pilih bisa berabe nantinya. Sama seperti memilih pakaian, harus sesuai dengan musimnya. Kalau pilihannya gak tepat, kan jadinya gak cocok, gak nyaman, atau bahkan gak bisa dipakai sama sekali.

Misalkan, jaket musim dingin yang dirancang untuk bertahan di suhu minus 0˚ Celsius tentu gak cocok dong untuk dipakai di Jakarta dengan suhu berkisar antara 25˚-30˚ Celsius? Sama seperti produk asuransi, setiap produk ada peruntukannya.

Karenanya, penting bagi Kamu untuk mengetahui berbagai macam produk asuransi yang ada. Jangan salah pilih agar proteksi yang diberikan memang sesuai dengan kebutuhan perlindungan Kamu.

Jika Kamu mencari perlindungan dari kerugian yang timbul karena adanya biaya perawatan medis, pengobatan, dan sejenisnya, maka yang Kamu butuhkan adalah asuransi kesehatan dan bukan asuransi jiwa.

Jika Kamu mencari perlindungan dari kerugian yang timbul karena adanya kerusakan kendaraan karena tabrakan, ditabrak, hilang dan lainnya, maka yang Kamu butuhkan adalah asuransi kerugian atas kendaraan kamu.

Sedangkan jika Kamu membutuhkan perlindungan dari hilangnya "kesejahteraan keluarga" karena hilangnya kepala keluarga/pemberi nafkah, maka yang Kamu butuhkan adalah produk asuransi jiwa atas kepala keluarga/pemberi nafkah.

Hal-hal tadi jangan sampai "kebolak-balik". Ingat, setiap produk asuransi ada peruntukannya, jangan sampai Kamu beli produk asuransi jiwa untuk kesehatan, atau beli produk asuransi kesehatan untuk melindungi keluarga dari risiko hilangnya "pemberi nafkah utama".

Ingat, untuk bisa melakukan perbandingan uang pertanggungan dan premi asuransi secara pribadi (tanpa ketemu agen) anda bisa lakukan dengan menggunakan Aplikasi tersebut bernama Bregaswaras yang bisa diunduh di sini . Selain itu ada juga aplikasi perencana keuangan yang membantu kamu melakukan perhitungan dan perencanaan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan kamu. Bila ingin melakukan perhitungan secara sederhana dan mandiri kamu bisa menggunakan aplikasi Moneesa yang bisa diunduh di sini .

Dan kalau mau belajar mengelola bujet bulanan Kamu bisa ikut kelas basic perencana keuangan yang infonya bisa dibuka disini https://bit.ly/3nuJYO8 bahkan dengan materi tersebut Kamu bisa menjadi seorang perencana keuangan. Selain itu juga ada lho kelas belajar sendiri untuk materi perencanaan keuangan dasar, reksadana dan asuransi, linknya bisa dibuka disini http://bit.ly/IARFC-Online


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

Halaman

(fdl/fdl)