Mengenal Generasi Sandwich, Apakah Kamu Salah Satunya?

Nurcholis Maarif - detikFinance
Jumat, 22 Jan 2021 13:03 WIB
Ilustrasi perencanaan keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Generasi sandwich sering sekali disebut sebagai generasi yang tak mudah dan menantang untuk mengelola keuangan. Pasalnya kondisi finansial generasi ini berada di antara untuk memenuhi kebutuhan untuk merawat orang tua dan membiayai kehidupan keluarga muda mereka.

Sebuah studi MassMutual tahun 2018 menemukan 55% generasi sandwich melakukan tugas untuk orang tua atau mertuanya yang sudah lanjut usia. Sementara itu, 49% dari mereka membantu tugas keuangan orang dewasa yang mereka asuh, seperti membayar tagihan dan 31% menanggung tanggung jawab keuangan penuh untuk orang tua atau mertua mereka.

Padahal pada saat yang sama, mereka yang masuk generasi sandwich juga mempunyai keinginan untuk tetap eksis di lingkungan sosialnya dengan mengalihkan keuangannya untuk kebutuhan sekunder hingga tersier. Lalu tak hanya menghabiskan uang hasil kerja hanya untuk kebutuhan primer.

Selain itu, mereka juga berhak memiliki investasi finansial untuk masa depan yang lebih baik yang disiapkan dari sekarang. Makanya, kondisi inilah yang menjadi tantangan generasi sandwich. Lalu bagaimana cara mengelolanya?

Berikut 4 tips yang bisa dilakukan seperti yang dikutip dari smartasset.

Bicaralah dengan Orang Tua soal Kondisi Finansial Saat Ini

Langkah ini bisa membuat tidak nyaman jika orang tua tidak terbuka ketika membicarakan uang, tapi bukan berarti tidak bisa dilewati. Jika kamu kini sedang mengasuh orang tua, kamu juga harus memberi pemahaman yang jelas ke orang tua tentang kondisi finansial, seperti tabungan, utang, pendapatan pensiun, dan pengeluaran mereka selanjutnya.

Review Kembali Anggaran Pengeluaran

Jika kamu generasi sandwich, berarti kamu punya pengeluaran baru yang berasal dari tagihan orang tua. Makanya, kamu perlu meninjau kembali anggaran pemasukan dan pengeluaran diri sendiri dan keluarga serta ditambah dengan tanggungan orang tua. Ini sebagai financial planning ke depannya.

Identifikasi Antara Kebutuhan dan Keinginan

Hasil dari review anggaran bisa menjadi patokan mana yang kebutuhan dan keinginan dalam daftar pengeluaran bulanan. Jika perlu, catatlah atau buat pengingat dalam aplikasi smartphone agar rencana finansial yang sudah dibikin terealisasi secara maksimal.

Prioritaskan untuk Menabung

Meski generasi sandwich sulit untuk menabung karena pengeluaran mereka yang banyak, tetapi mereka juga harus mempersiapkan kondisi keuangan masa depan, apalagi jika ada kondisi masa darurat. Makanya, berapapun jumlahnya, prioritaskan untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

Consumer Business Head Bank Danamon, Lanny Hendra mengatakan generasi muda saat ini berada pada masa mereka sedang mencari pola dalam merencanakan keuangannya dengan baik.

Sebagian dari mereka yang juga merupakan generasi sandwich, tetapi pada umumnya mereka mempunyai aspirasi untuk menjadi lebih maju dan lebih baik dalam mengelola keuangan dibanding generasi orang tua mereka. Apalagi di masa pandemi yang tidak menentu tentunya dibutuhkan pengelolaan keuangan yang memadai.

"Salah satunya dengan layanan terbaru dari Bank Danamon yaitu Danamon Optimal yang menyediakan berbagai pilihan produk seperti tabungan, investasi dan pinjaman untuk mengelola keuangan secara fleksibel serta dilengkapi dengan akses digital yang mudah dan nyaman. Layanan ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1/2021).

(ncm/hns)