7 Manfaat Menabung Ini Perlu Disimak Milenial dan Gen Z!

Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 20:15 WIB
Menabung
Foto: iStock/7 Manfaat Menabung Ini Perlu Disimak Milenial dan Gen Z!
Jakarta -

Menabung adalah menyimpan uang di celengan, bank, dan sebagainya. Namun untuk generasi milenial dan Z yang kerap konsumtif, menabung sulit dilakukan.

Padahal dari kecil mereka sudah diajarkan untuk menabung. Namun masih saja generasi milenial dan gen Z kesulitan menabung.

Milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 dan 1996. Generasi ini tumbuh di era digital dan dikenal nyaman dengan teknologi dan media sosial.

Sedangkan gen Z lahir antara tahun 1997 dan 2012. Gen Z tumbuh cenderung tertarik dengan teknologi sejak masih kanak-kanak.

Berikut manfaat menabung untuk generasi Milenial dan Gen Z dilansir beberapa sumber:

1. Memiliki Simpanan untuk Keadaan Darurat

Berbagai keadaan darurat atau mendesak sangat mungkin terjadi dalam kehidupan, misalnya mobil rusak karena kecelakaan, biaya perawatan rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki tabungan, detikers dapat menggunakan simpanan untuk pengeluaran tidak terduga tanpa harus memotong biaya rutin bulanan.

2. Meminimalisir Risiko saat Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan sangat mungkin dialami seseorang. Kebiasaan menabung dapat mengurangi perasaan was-was serta risiko yang muncul saat kehilangan pekerjaan.

Setidaknya, uang di tabungan dapat membantu biaya pengeluaran sambil mencari kerja baru atau untuk modal usaha.

3. Jaminan Hari Pensiun

Manfaat menabung selanjutnya adalah sebagai jaminan ketika sudah pensiun. Tentu hal ini berdampak panjang karena seseorang tidak mungkin bekerja selamanya.

Dengan menabung sedikit demi sedikit, akan terkumpul simpanan yang cukup untuk hari tua nanti.

Manfaat menabung lainnya dapat diklik pada halaman selanjutnya