7 Manfaat Menabung Ini Perlu Disimak Milenial dan Gen Z!

Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 20:15 WIB
Menabung
Foto: iStock/7 Manfaat Menabung Ini Perlu Disimak Milenial dan Gen Z!

4. Investasi Jangka Panjang

Menabung adalah kegiatan jangka panjang karena hasilnya akan terasa dalam jangka panjang. Detikers bisa menempatkan tabungan khusus investasi, seperti deposito, reksadana, ataupun bisnis sektor riil yang prospektif lainnya.

5. Dana untuk Keperluan yang Diinginkan

Tabungan tidak hanya untuk keperluan yang dibutuhkan, tetapi bisa juga untuk barang yang diinginkan. Misalnya untuk membeli kendaraan, dana berlibur, biaya kuliah, dan lain-lain.

Membeli kendaraan secara lunas dari hasil menabung akan lebih baik dibandingkan mencicil atau kredit. Tujuan yang lebih besar seperti liburan ke luar negeri juga dapat menjadi motivasi tersendiri untuk menabung.

6. Menjauhkan dari Utang

Menabung dapat menjauhkan seseorang dari utang saat tiba-tiba harus mengeluarkan pengeluaran tidak terduga seperti kecelakaan atau sakit.

Sebagian orang yang tidak memiliki tabungan akan terpaksa berutang ke orang lain, bahkan meminjam ke bank, di saat memerlukan biaya besar yang mendesak.

7. Memberikan Rasa Tenang

Manfaat menabung yang tidak kalah pentingnya yakni untuk kebebasan finansial seseorang.

Tentu akan ada perasaan tenang, aman, dan nyaman saat memiliki simpanan yang cukup. Hidup juga akan lebih mandiri dan tidak bergantung dengan siapa pun.

Yuk, mulai menabung dari sekarang!


(nwy/nwy)