Keuangan Terpuruk saat Pandemi Kayak Ustaz Solmed, Begini Cara Bangkitnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 14:30 WIB
Jakarta -

Kondisi keuangan Ustaz Solmed sempat berantakan karena tekanan pandemi COVID-19. Dia sempat berjualan faceshield sampai sarung.

Ustaz Solmed sampai menjual mobil dan ada orang yang menagih dan datang ke rumah. Namun kini keuangannya sudah berangsur membaik.

Dia menyebut ketika sedang berada di titik terendah, dia tak bercerita ke siapapun demi menghindari dikasihani dan komentar buruk netizen.

Bagaimana ya caranya supaya bisa bangkit lagi?

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan memang untuk bangkit dari keterpurukan di kondisi keuangan membutuhkan waktu dan pengorbanan.

"Contohnya untuk mengurangi beban keuangan, kita perlu menjual aset bila memang sudah tidak ada dana lagi," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (4/5/2021).

Dia menyebutkan selain itu orang harus kreatif untuk bisa dapat penghasilan baru seperti melakukan bisnis atau pekerjaan baru.

Hal ini bisa dilakukan seandainya pekerjaan utama, belum bisa menghasilkan.

Menurut dia, dalam mengatur keuangan harus diutamakan untuk pembayaran kewajiban seperti cicilan utang, token listrik, bayar tagihan air, uang sekolah anak.

Kemudian untuk makan sehari-hari juga harus diperhatikan. Selain itu pengeluaran yang berkaitan dengan gaya hidup harus dikurangi.

"Jadi hal-hal yang tidak penting dan tidak urgent, sebaiknya jangan dikonsumsi dulu. Seperti aktivitas ngopi di kafe, belanja pakaian atau banyak hal," jelas dia.

(kil/zlf)