Asuransi Pendidikan vs Investasi Pendidikan, Mending Mana?

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 28 Mei 2021 13:17 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sudah siapkan dana pendidikan anak? Sebentar lagi tahun ajaran baru lho. Pilihannya banyak, antara investasi pendidikan atau asuransi pendidikan.

Sudah tahu bedanya belum? Menurut Anchor CNBC Indonesia Maria Katarina, dalam asuransi biasanya ada perjanjian dua orang di mana ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan biaya yang sudah ditentukan.

Asuransi dibuat untuk risiko dari kondisi tertentu, misalnya asuransi kesehatan akan digunakan ketika pihak tersebut sakit.

"Asuransi itu untuk membantu pemegang polis supaya kerugiannya terminimalisir. Misalnya, kalau ada orang tiba-tiba sakit dan enggak punya asuransi, dia bisa berisiko menggunakan tabungan, atau malah mencairkan investasi untuk bayar biaya rumah sakit," kata Maria, dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, Selasa (25/5/2021).

Perlu diketahui, asuransi akan dihitung berdasarkan usia untuk menentukan nominal polis yang dibayarkan setiap bulan. Pemilik asuransi enggak perlu ambil pusing memikirkan keuangan karena semuanya telah diatur oleh pihak ketiga.

Sedangkan, investasi adalah proses untuk mengembangkan uang agar memberikan keuntungan di masa depan dan mencapai tujuan tertentu, Bunda. Berbeda dengan asuransi, kita dapat mengatur dan menentukan jumlah investasi dengan bebas.

Pilihan investasi ada banyak dan bisa dipilih untuk jangka pendek atau panjang. Investasi konvensional dapat berupa tabungan yang bisa kita atur sendiri jumlahnya. Sementara itu, investasi risiko sedang bisa dalam bentuk reksadana sedangkan risiko tinggi dalam bentuk saham.

"Dalam investasi, limit waktu kita yang tentukan sendiri. Sebelum mulai, dari awal kita sudah tahu mau taruh berapa uang di investasi buat anak masuk sekolah. Kalaupun ada up and down terhadap kenaikan atau fluktuasi di tengah investasi, karena sifatnya balik lagi ke kita, jadi kita bisa tentukan mau stop atau pindahkan," ujar Maria.

Lalu, apa beda investasi dan asuransi pendidikan untuk anak? Mana yang lebih menguntungkan?

Baca di halaman berikutnya, klik di sini.

(ang/ang)