Lakukan 3 Hal Ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Baik (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 06:30 WIB
Tips Keuangan Buat Milenial
Foto: Tips Keuangan Buat Milenial (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Jika Anda ingin memiliki kondisi keuangan yang baik, maka Anda harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Tanpa melakukan hal ini, kemungkinan besar kondisi keuangan Anda masih akan berantakan.

Jangan harap Anda bisa bisa berinvestasi jika masih bleum tepat dalam mengelola uang yang Anda miliki. Untuk hidup dari tanggal gajian sampai tanggal gajian selanjutnya pun bisa jadi hanya sekadar mimpi.

Mengelola keuangan untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik itu bukan sesuatu yang rumit kok. Anda bisa melakukan ini untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik:

1. Miliki Rencana Belanja

Hal yang terlihat sepele namun akan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan bulanan. Dengan memiliki rencana belanja, artinya Anda memiliki panduan untuk menghabiskan uang yang Anda punya dengan cara yang tepat.

Sehingga, Anda tidak akan lagi mengalami kehabisan uang di pertengahan bulan. Tidak ada lagi istilah "tanggal muda" atau "tanggal tua" karena Anda mampu mengalokasikan uang yang Anda miliki agar cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda di sepanjang bulan.

Keuntungan lainnya dengan memiliki rencana belanja, Anda bisa menghitung berapa kira-kira pengeluaran Anda di bulan depan. Anda jadi tahu, apakah Anda mampu membeli semua barang yang Anda inginkan dengan gaji yang didapatkan?

Jika ternyata uang yang Anda dapatkan dari gaji tidak cukup untuk memenuhi semua keinginan Anda, maka artinya Anda perlu menghilangkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan.

Secara tidak langsung, memiliki rencana belanja akan menyelamatkan Anda dari pengeluaran- pengeluaran yang tak Anda perlukan. Pun, menjauhkan Anda dari kondisi keuangan bulanan yang berantakan.

2. Bijak dalam Berutang

Utang itu memudahkan Anda untuk mendapatkan uang atau membeli sebuah barang, tetapi jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakannya, maka utang tersebut akan memberikan beban yang sangat besar kepada Anda.

Tentu Anda pernah membaca berita, atau mendengar cerita orang yang kesulitan karena utang, bukan? Diteror melalui telpon, sms, whatsapp oleh para penagih utang karena tidak bisa membayar utangnya tepat waktu.

Pastinya, Anda tidak ingin terjadi kepada Anda bukan? Karenanya, jangan mudah tertarik dengan penawaran utang baik untuk membeli barang ataupun untuk mendapatkan sejumlah dana tunai yang bisa digunakan.

Sebenarnya, utang bukan sesuatu yang berbahaya kok jika Anda mampu menggunakannya dengan baik. Malah, utang yang akan membantu Anda membeli rumah pertama, atau membeli mobil untuk keluarga.

Dengan perhitungan yang matang, bahkan membeli sesuatu dengan utang justru akan memberikan keuntungan lebih bagi Anda. Bukan hanya keuntungan dari sisi waktu, tetapi juga keuntungan dari sisi finansial.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah, jangan pernah berinvestasi, terutama di saham dengan menggunakan uang hutang. Apa lagi bila Anda sama sekali tidak mengerti tentang investasi di saham. Bicara tentang saham, bila ingin belajar trading saham bisa ikutan workshop cuan dengan saham, info bisa dibuka di sini.

Selain itu ada juga workshop perencana keuangan untuk diri sendiri, info bisa dibuka di sini, dan investasi di reksadana. Seperti apa contoh hutang yang benar itu? Akan dibahas dan kupas tuntas di artikel berikutnya. Stay tuned.

(fdl/fdl)