3 Cara Menuju Sehat Finansial di Masa Pandemi bagi Kaum Bergaji

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Jumat, 06 Agu 2021 12:28 WIB
Ilustrasi Anak Muda Memegang Smartphone
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang belum juga usai membuat banyak orang menghadapi banyak masalah finansial, tak terkecuali bagi para kaum bergaji. Padahal, tak jarang penyebab timbulnya masalah keuangan pribadi seringkali berasal dari keteledoran diri sendiri.

Salah satu contohnya adalah seperti belanja berlebihan hingga kurang tepatnya memilih kendaraan finansial. Hal ini membuat keuangan yang dimiliki di masa pandemi menjadi tak sehat meskipun memiliki gaji tiap bulan.

Lantas bagaimana cara menuju keuangan tetap sehat di masa pandemi? Dikutip dari berbagai sumber berikut tipsnya.

1. Rajin Atur Keuangan Tiap Bulan

Disiplin mengatur keuangan tiap bulan adalah hal nomor wahid yang perlu dilakukan bagi kaum bergaji. Meskipun akan sedikit ribet saat meminimalisir berbagai pengeluaran, namun hal ini akan membuat keuangan lebih sehat.

Jadi pastikan tiap bulan pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menyusun anggaran untuk memenuhi berbagai prioritas seperti kebutuhan pokok, tabungan, dan investasi.

2. Kurangi Hasrat Berbelanja

Gajian di awal bulan kerap kali membuat orang kalap untuk belanja berlebih di berbagai e-Commerce, terlebih diimingi diskon belanja. Hal ini tentu akan membuat boros pengeluaran sehingga keuangan menjadi tidak sehat.

Oleh karenanya, penting mengurangi kebiasaan konsumtif yang berpotensi membuat keuangan tidak sehat. Biasakan membuat anggaran khusus untuk belanja dan sebisa mungkin jangan mengambil jatah dana lainnya saat budget belanja sudah habis.

3. Kurangi Berutang atau Mencicil

Terakhir dan yang terpenting adalah tunda dulu hasrat konsumtif membeli barang baru dengan cara berutang atau mencicil. Hal ini penting untuk menghindari beban bunga yang biasa timbul setiap bulannya. Jadi cermatlah dalam membedakan mana barang yang dibutuhkan dan diinginkan di masa pandemi saat ini. Cek juga tips biar nggak gampang berutang di sini ya!

Itulah tiga hal yang perlu dilakukan untuk menuju sehat finansial. Sehat finansial sesungguhnya ada di tangan kita sendiri. Hal ini bisa tercapai tergantung sejauh mana upaya dalam meraihnya. Terlebih, tiga kebiasaan di atas bisa mulai diterapkan hari ini juga.

Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan 'kendaraan' finansial harian agar kebiasaan tersebut bisa dilakukan dengan #BebasDrama, salah satu alternatif kendaraan finansial yang bisa dipilih adalah Dompet Digital DANA.

Dompet Digital DANA memiliki banyak fitur yang membantu memonitor arus keluar-masuk keuangan, karena semua transaksi akan tercatat. Selain itu, pengguna juga bisa berbelanja, membayar tagihan rutin dengan berbagai metode pembayaran seperti Saldo DANA & Kartu Debit/Kredit yang tersimpan di DANA, bahkan sampai berinvestasi dan mewujudkan target finansial melalui DANA Goals atau DANA eMAS hanya dengan satu aplikasi saja.

(ncm/hns)