Milenial Kudu Melek Asuransi Sejak Dini, Ini Alasannya

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 10:46 WIB
Ilustrasi milenial
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kebutuhan asuransi bagi generasi milenial terus meningkat. Kendati demikian, masih banyak anak muda yang belum menjadikannya prioritas utama.

Bahkan, kurangnya edukasi hingga kesibukan sehari-hari membuat mereka menunda untuk memiliki asuransi. Padahal asuransi penting untuk menghindari risiko keuangan dan kesehatan di masa mendatang, yang seringkali terjadi tiba-tiba. Melansir dari beragam sumber, ini dia manfaat memiliki asuransi sejak dini bagi milenial.

Sakit Butuh Biaya Mahal

Semua orang pasti tidak ingin sakit. Namun, sakit biasanya datang secara mendadak atau tanpa pemberitahuan. Belum lagi biaya pengobatan terbilang tidak murah, bahkan selalu meningkat setiap tahunnya. Kalau tidak ada persiapan, bisa-bisa kamu jadi kelabakan mencari uang untuk biaya pengobatan. Beda halnya jika sudah memiliki asuransi. Kamu jadi lebih tenang karena sudah punya persiapan sejak dini.

Premi yang Lebih Rendah

Tahukah kamu dengan memiliki asuransi sejak dini akan membuat premi yang dibayar lebih ringan? Hal ini karena kalangan muda cenderung memiliki risiko sakit yang lebih kecil dibandingkan orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Semakin bertambah usia, kamu menjadi lebih rentan terkena beragam penyakit, seperti diabetes. Oleh karena itu, kebanyakan asuransi akan mematok premi yang terjangkau jika Anda mengajukannya di usia muda.

Sekalian Berinvestasi

Selain sebagai proteksi diri dan keluarga, asuransi juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Utamanya jika menggunakan asuransi unit-link yang menawarkan manfaat lebih meski preminya juga sedikit lebih tinggi. Hal ini karena setengah dari premi dialokasikan untuk proteksi, sementara sisanya akan diputar untuk investasi. Jadi selain mendapat perlindungan kesehatan dan jiwa, kamu pun akan mendapatkan keuntungan dari investasi pada produk keuangan.

Berkarya Jadi Lebih Tenang

Dengan memiliki asuransi kamu tidak perlu khawatir akan pengeluaran ekstra yang datang secara tiba-tiba. Sebab risiko finansial tersebut sudah diasuransikan. Kamu hanya perlu membayar premi secara teratur supaya terlindungi, sehingga bisa lebih fokus dalam berkarya dan mengembangkan potensi diri.

Jadi, masih ragu untuk memiliki asuransi sedari dini? Apalagi saat sudah tersedia asuransi yang bisa diakses secara online. Salah satunya melalui dompet digital DANA. Cukup pilih fitur DANA Siaga pada aplikasi DANA untuk mendapatkan produk asuransi, baik asuransi jiwa maupun kesehatan. #BebasDrama karena premi yang terjangkau, yakni mulai dari Rp 8.000 per bulan untuk asuransi jiwa, dan Rp 9.900 untuk asuransi rawat inap rumah sakit.

(akn/hns)