Tips Sukses Menabung & Investasi Pakai Dompet Digital, Yuk Dicoba!

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 11:40 WIB
Ilustrasi Pasangan Muda
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Perkembangan teknologi membuat segala hal serba digital, termasuk dalam perencanaan keuangan. Salah satu platform yang bisa digunakan yaitu dompet digital karena dapat mempermudah aktivitas perencanaan keuangan.

Apalagi kini terdapat beragam fitur yang bisa digunakan selain untuk menyimpan uang. Beberapa di antaranya, fitur tabungan, simpanan, asuransi, serta investasi. Supaya dapat mengelola uang dengan lebih optimal, simak tips sukses dalam menabung dan berinvestasi pakai dompet digital, seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Rencanakan Pengeluaran di Awal Bulan

Demi meminimalisir pengeluaran tak terduga, sebaiknya buat semua rencana keuangan di awal bulan, termasuk soal pengeluaran. Ini menjadi aturan baku yang perlu diikuti supaya nggak boros dan keuangan menjadi lebih terkontrol.

Kamu harus mulai disiplin memisahkan pengeluaran bulanan ke beberapa pos saat baru gajian, seperti pos uang jajan, pos transportasi, dan lainnya.

Sering Cek Saldo

Melalui dompet digital kamu dimudahkan dengan adanya fitur untuk melacak transaksi. Dengan begitu kamu bisa melihat dan melakukan evaluasi pengeluaran setiap bulan. Cari tahu apa saja hal yang membuat dompet jebol. Dari sini kamu bisa mulai memulai treatment awal ketika mengatur pengeluaran di awal bulan tadi.

Anggap Saldo e-wallet Seperti Uang Tunai

Banyak orang boros saat menggunakan dompet digital karena uang elektronik yang tidak memiliki bentuk fisik, alias tak terlihat. Hal tersebut tentu memberikan pengaruh secara psikologis.

Oleh karena itu, coba anggap saldo dompet digital seperti uang tunai pada umumnya. Sehingga kamu bisa lebih memperhitungkan jumlah saldo saat bertransaksi. Tidak lupa mencatat pengeluarannya sama seperti kamu mencatat pengeluaran lain.

Sisihkan Uang untuk Investasi

Jangan hanya menabung, kamu harus berani untuk mulai berinvestasi sejak sekarang. Sebab dengan begitu dana yang dimiliki bisa berkembang di masa mendatang. Tidak harus menunggu gaji besar, kamu bisa mengalokasikan sedikit dana sekitar 20% dari gaji untuk diinvestasikan.

Salah satu dompet digital yang memungkinkan kamu untuk mengatur keuangan yaitu aplikasi DANA. Dengan menggunakan DANA kamu bisa mulai atur keuangan dengan DANA Goals yang bisa menyimpan uang untuk segala mimpi dan rencanamu, atau mulai investasi emas dengan DANA eMAS. Transaksinya dijamin aman karena ada DANA Protection yang dilengkapi sistem keamanan berlapis dan dinamis serta memberikan garansi 100% uang kembali sesuai syarat & ketentuan di aplikasi DANA. Yuk, mulai transaksi #BebasDrama pakai DANA.

(ncm/ega)