Merdeka dari Utang, Begini Tips Atur Keuangan di Masa Pandemi

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 05 Jul 2021 21:11 WIB
Ilustrasi
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum mereda membuat kondisi finansial beberapa orang tertekan. Apalagi, di masa yang sulit ini merdeka dari utang menjadi mimpi dari semua orang untuk hidup tenang dan menyenangkan di masa pandemi.

Pandemi kali ini memang membuat masyarakat harus memutar otak agar keuangannya tetap aman. Di sisi lain, mereka juga harus menyediakan uang yang tak terduga bila sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana cara untuk hidup tenang di masa pandemi tanpa harus takut ada utang yang menumpuk? Berikut ini adalah beberapa tips di antaranya yang dilansir dari The Balance.

Stop Timbun Utang

Strategi pertama yaitu mengurangi godaan untuk membuat lebih banyak utang dengan mengistirahatkan kartu kredit. Bila belum memiliki kartu kredit, cobalah untuk membuat anggaran yang dapat membantu menyesuaikan setiap pengeluaran dari penghasilan yang didapat.

Siapkan Dana Darurat

Langkah ini pastinya sudah diberi tahu oleh para ahli keuangan kepada masyarakat luas. Ya, menyiapkan dana darurat bisa menjadi solusi untuk menghindari dari utang. Tak hanya untuk keadaan darurat saja, dana ini juga bisa digunakan untuk melunasi utang yang ada.

Untuk memulainya, cobalah menyisihkan beberapa uang dari penghasilan dan jangan pernah sekalipun melihat uang tersebut. Lama kelamaan, uang itu akan semakin bertambah dan bertambah, sehingga bisa merdeka dari utang.

Metode Bola Salju Utang

Banyak orang yang menganggap metode bola salju utang sebagai cara yang baik untuk melunasi utang. Metode ini dilakukan dengan membayarkan utang dari yang nominalnya paling kecil, sehingga akun tetap dalam performa yang baik.

Terus lakukan metode ini sampai dapat melunasi hutang yang paling besar. Dengan metode ini, utang dapat lunas dan hidup juga akan lebih merdeka dari utang.

Tingkatkan Pendapatan

Langkah selanjutnya yaitu meningkatkan pendapatan. Langkah ini menjadi langkah yang konkrit bila ingin hidup bebas dari utang. Dengan meningkatnya pendapat, kebutuhan sehari-hari dapat mudah dibayarkan.

Cobalah untuk memulai bisnis kecil-kecilan, bisa kuliner hingga pakaian. Manfaatkan juga teknologi yang saat ini tengah gembor-gemborkan untuk membantu pelaku usaha agar bisa tetap selamat di masa pandemi.

Dengan niat yang kuat dan serius dan dengan dukungan platform digital yang mendukung hal itu bisa mudah tercapai. Salah satunya bisa dimulai dengan bergabung dengan DANA Bisnis yang akan membuat hidup #BebasDrama.

(akd/hns)