Catat! 3 Tips Investasi Emas buat Pemula yang Aman & Menguntungkan

Khoirul Anam - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 12:00 WIB
Investasi Emas
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Emas menjadi komoditas yang populer untuk investasi. Instrumen investasi yang satu ini punya sederet keuntungan yang sangat cocok bagi para investor pemula.

Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, harga emas cenderung stabil, bahkan sering mengalami kenaikan. Selain itu, kelebihan lain dari emas adalah dapat dijual dengan cepat alias memiliki likuiditas yang tinggi.

Alasan itulah yang menjadikan investasi emas cocok bagi siapa pun, terutama para pemula. Apalagi, saat ini membeli emas lebih mudah dengan tanpa perlu mengantre dan mengunjungi toko.

Meski begitu, dalam berinvestasi, siapa pun perlu melakukan strategi demi terhindar dari kerugian, tak terkecuali para pemula. Maka, berikut ini beberapa tips berinvestasi emas bagi para pemula.

Gunakan Uang Dingin

Sebelum melakukan investasi, pastikan terlebih dahulu apakah kamu memiliki uang dingin alias dana yang tidak terpakai. Hal ini cukup penting, mengingat kamu tidak bisa serta-merta menggunakan dana harian buat keperluan berinvestasi.

Bagaimana pun, berinvestasi merupakan kegiatan jangka panjang. Keuntungan dari investasi tidak bisa kamu dapatkan seketika itu juga.

Tentukan Jenis Emas

Setiap jenis emas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kamu perlu mempertimbangkan hal-hal itu dalam berinvestasi.

Namun, bagi pemula, disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Investasi logam mulia memiliki banyak keuntungan ketimbang investasi dalam bentuk perhiasan.

Perlu ketahui juga bahwa logam mulia sangat cocok digunakan sebagai simpanan masa depan sebab nilainya cepat mengalami kenaikan. Sementara itu, harga emas dalam bentuk perhiasan cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya, seperti biaya pembuatan, jumlah karat, model dan nilai seni, hingga depresi harga.

Investasi di Tempat yang Tepat

Berinvestasi emas di tempat yang tepat adalah tips yang terdengar sederhana. Semua orang seolah memahami poin ini. Padahal, memperhatikan kredibilitas tempat berinvestasi bukanlah langkah sembarangan, apalagi bagi para pemula.

Untuk itu, dompet digital DANA bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk kamu berinvestasi emas. Kamu bisa memulainya di fitur DANA eMAS via aplikasi DANA.

Membeli emas melalui DANA bisa dimulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10.000 secara langsung tanpa ada biaya tambahan. Selain itu, pembelian emas lewat DANA juga bisa ditarik secara fisik lalu dikirimkan ke rumah kamu.

Layanan eMAS dari DANA bisa diakses melalui gadget kamu sehingga berinvestasi menjadi lebih simpel dan #BebasDrama.

Perlu diketahui, DANA bekerja sama dengan Pluang yang berada di bawah PT PG Berjangka sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sedangkan emas dari DANA disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Sehingga investasi emas melalui DANA eMAS terjamin keamanannya.

Lihat juga video 'CEO Indodax Beri Tips Investasi Bitcoin Bagi Pemula':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)