Newbie Wajib Tahu, Cermati Hal Ini Biar Nggak Kejebak Investasi Bodong

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 18:50 WIB
Tips Keuangan Buat Milenial
Newbie Wajib Tahu, Cermati Hal Ini Biar Nggak Kejebak Investasi Bodong
Jakarta -

Investasi ilegal atau investasi bodong masih marak terjadi. Pasalnya hingga Agustus 2021, tercatat ada 249 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) yang tidak memiliki izin. Temuan itu menambah total dari awal tahun menjadi 945 domain.

Sejatinya, berinvestasi merupakan pilihan yang tepat untuk mengatur keuangan agar dapat memupuk keuntungan di masa depan, namun perlu diketahui yang dimaksud Investasi Bodong adalah bentuk investasi yang tidak memiliki izin dan skema jelas hingga berakhir pada penipuan. Masyarakat pun perlu berhati-hati kan hal ini.

Master Financial Planner, Aidil Akbar Madjid berbagi beberapa cara untuk menghindari investasi bodong dalam webinar Kencomm Indonesia yang digelar secara virtual, Kamis (7/10/2021), berikut ringkasannya:

1. Pastikan regulasi atau izin yang jelas

Bagi investasi yang legal tentu akan memiliki izin yang jelas. Apalagi untuk menghimpun dana masyarakat yang tidak sedikit ini pemerintah telah mengatur beberapa regulasi.

"Cek investasi bodong itu paling gampang ngecek dari legalitas perusahaan," kata Aidil.

Banyak cara untuk mengecek legalitas perusahaan yang menawarkan investasi misalnya jika perbankan cek melalui Bank Indonesia, non perbankan cek di OJK dan jika menawarkan investasi berjangka atau komoditi bisa di cek melalui Bappebti.

2. Iming-iming bonus banyak

Soal imbal hasil juga perlu diwaspadai. Semakin tinggi imbal hasil yang ditawarkan, tentunya resiko dalam berinvestasi juga akan semakin tinggi. Tapi jika ada perusahaan yang berani memberikan bunga tinggi dengan cara mudah maka harus berhati-hati. Bisa jadi itu merupakan investasi ilegal.

"Makanya kalau kita bicara investasi bodong mengiming-imingi return atau bunga yang tinggi. Misalnya ditawari 'mas mau ikut gabung per minggu dapat 5%', berarti per bulan 20%. Kalau demikian cepat balik modal dong. Jangan langsung percaya," jelasnya.

3. Tahu ilmunya

Agar terhindar dari investasi bodong tentu tak lain dan tak bukan harus membekali diri dengan pengetahuan seputar investasi. Di dalamnya termasuk cara kerja, cara menilai risiko hingga cara memilih produk investasi.

"Ngerti itu ada 2 hal, ngerti ke ilmunya dan punya pengalaman. Jadi ada yang learning by doing dan ada juga yang belajar dulu, memang idealnya adalah belajar dulu," ujarnya.

4. Punya rencana investasi yang jelas

Kesalahan yang paling sederhana dan jarang disadari investor pemula yaitu tidak memiliki tujuan investasi untuk apa. Padahal, tujuan juga bisa mencegah dari investasi bodong dengan cara mengetahui instrumen investasi hingga tidak tergoda dengan rayuan investasi bodong.

"Kesalahan terbesar orang investasi tanpa tujuan. Kalau tanpa tujuan maka kemungkinan besar kalian akan salah pilih produk, harus tahu berapa lama mau berinvestasi (jangka pendek, tengah, panjang), mau kemana investasinya. produknya yang mana. Itu harus dipersiapkan," pungkasnya.

Itulah beberapa cara untuk menghindari investasi ilegal. Semoga Anda tidak lagi terjerumus dalam berinvestasi yang salah.

(fdl/fdl)