5 Cara Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-Pasan, Bisa Nggak Ya?

nu - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 14:04 WIB
Ilustrasi Kelola Keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mandiri secara finansial mungkin menjadi impian bagi banyak orang, termasuk para milenial. Namun untuk mewujudkannya, rasa cemas kerap menghantui milenial karena hanya berpatokan pada seberapa besar gaji dan pendapatan yang dicapai.

Padahal untuk mendapat kemandirian secara finansial tidaklah sulit. Sebab pada dasarnya mandiri finansial tidak berhubungan dengan pendapatan, melainkan dari kebiasaan. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa kebiasaan yang perlu diterapkan untuk mandiri finansial.

Berhemat

Menggunakan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sesuai kemampuan adalah salah satu cara untuk mandiri finansial, meski punya pendapatan yang tak besar. Bahkan hemat juga merupakan satu dari cara untuk menjadi kaya.

Sikap hemat seharusnya sudah dibiasakan sejak dini dan bukan hanya diterapkan saat tidak punya uang, tetapi juga saat memiliki uang yang banyak. Hal ini juga yang kerap dilakukan oleh orang kaya yang lebih memilih mengalokasikan dana untuk tabungan hingga investasi.

Kerja Sampingan

Saat memiliki kerja sampingan, kamu akan menambah sumber penghasilan. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan lebih banyak daripada hanya mengandalkan satu pekerjaan saja.

Meluangkan Waktu untuk Belajar

Selain berhemat dan melakukan kerja sampingan, kamu juga harus banyak meluangkan waktu untuk belajar berbagai ilmu baru. Hal ini selain bisa menambah wawasan, mindset kamu untuk mencari berbagai sumber pertumbuhan keuangan baru lainnya juga akan terbentuk, sehingga kamu terbiasa produktif.

Bijak dalam Berutang

Tidak ada yang salah dengan berutang. Namun, berutang tanpa rencana matang dan untuk membeli hal yang tidak penting akan membuatmu terjebak dalam pengelolaan finansial. Hal ini perlu ditanamkan dalam diri untuk mencegah godaan untuk membeli barang-barang non-kebutuhan primer yang justru saat ini banyak dialami generasi milenial.

Alokasi Dana Masa Depan

Selalu sisihkan sebagian uang yang kamu dapat untuk hal-hal di masa depan, mulai menyiapkan tabungan dana darurat, anggaran hari tua hingga asuransi. Jika perlu, kamu bisa menjajal berbagai instrumen investasi yang cenderung memiliki risiko rendah agar kamu bisa mandiri secara finansial ke depannya.

Sebab ini akan membuatmu Bebas Cemas dalam mengelola finansial, baik untuk saat ini maupun masa depan. Selain itu, untuk melakukan 5 hal di atas, kamu bisa memanfaatkan fintech Dompet Digital DANA.

DANADANA Foto: DANA

DANA merupakan aplikasi yang membuat hidup #BebasDrama dan Bebas Cemas karena mendukung aktivitas kita dalam mencapai kemandirian secara finansial. Pasalnya, DANA memiliki sederet fitur yang memudahkan kamu untuk hidup produktif seperti DANA Goals yang dapat membantu merealisasikan disiplin perencanaan terkait target finansial yang ingin dicapai.

Selain itu, DANA juga menjamin para penggunanya dengan keamanan berlapis dengan DANA Protection. DANA Protection adalah fitur safety dan security di DANA yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih dan dinamis.

Dengan sistem keamanan berlapisnya, DANA Protection akan challenge penggunanya dengan PIN, Kode OTP, atau Verifikasi Wajah sehingga transaksi akan jadi aman. Plus, transaksi pun semakin nyaman karena DANA Protection juga memberikan jaminan 100% garansi uang kembali lho, tentunya sesuai syarat & ketentuan yang berlaku di aplikasi DANA. Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(ncm/ara)