Menuju Keuangan Sehat, Yuk Terapkan 4 Kebiasaan Ini!

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 10:51 WIB
Ilustrasi Menabung
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu kemampuan yang harus dipelajari dan diterapkan sejak dini. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap literasi keuangan dan tingkat kesejahteraan di masa yang akan datang.

Kemampuan mengelola finansial bukan hanya berfokus untuk mendapatkan pendapatan yang cukup, tetapi juga mengelolanya secara bijak dan tepat. Nah, untuk memiliki kemampuan tersebut, ada empat kebiasaan yang bisa diterapkan sejak dini, seperti dilansir berbagai sumber.

1. Tulis Setiap Pengeluaran

Kelihatannya agak berlebihan, tetapi dengan membiasakan menulis setiap pengeluaran akan membantu dalam mengontrol keluar-masuknya uangmu. Agar terbiasa, kamu bisa banget lho menerapkannya sejak dini, dimulai dari menulis jumlah pengeluaranmu yang sedikit. Pasalnya lama kelamaan kamu akan jadi terbiasa untuk mengelola jumlah yang lebih banyak.

2. Berhemat

Berhemat perlu dilakukan dengan cara mengurangi jajan di luar. Untuk kebutuhan makan misalnya, bagi pekerja atau mahasiswa akan lebih baik jika bisa masak sendiri.

Jika tak sempat masak, membeli makanan paket atau katering bulanan juga merupakan ide bagus. Namun, tentu saja dengan tetap membandingkan harga yang tak jauh berbeda dibanding memasak sendiri.

3. Selalu Bandingkan Tarif

Entah itu untuk uang kos bagi yang berada di luar kota, paket data telepon, atau ongkos transportasi, biasakanlah untuk selalu cek harga sebelum menggunakan hal tersebut.

Biasanya beda tempat, harga yang ditawarkan juga berbeda. Siapa tahu kamu dapat harga lebih murah sehingga lebih hemat untuk pengeluaran bulanan.

4. Nabung

Rajin menabung merupakan salah satu bagian dari pengelolaan dan literasi keuangan yang harus dibiasakan sejak dini. Dengan membiasakan diri menyisihkan uang untuk menabung, kamu bisa mempersiapkan kondisi finansial yang sehat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kamu juga bisa memulai untuk membuat beberapa jenis tabungan sekaligus. Misalnya satu tabungan untuk dana darurat, tabungan untuk pendidikan, dan tabungan untuk menikah. Dalam tahap pengelolaan finansial yang lebih maju, kamu juga bisa menjajal untuk membiasakan diri dengan berinvestasi.

Mulai dari instrumen investasi yang memiliki risiko rendah seperti emas dan reksa dana, lalu investasi dengan risiko yang lebih besar, seperti saham. Namun sebagai catatan, sebelum berinvestasi, kamu harus memahami terlebih dahulu instrumen investasi yang kamu gunakan hingga risiko yang akan didapat.

Itulah keempat kebiasaan yang harus diterapkan sejak dini menuju pengelolaan finansial yang sehat. Sebab pengelolaan finansial yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidupmu di masa yang akan datang.

Selain itu, platform dompet digital DANA bisa membantu untuk mengelola keuangan yang sehat. Sebab setiap transaksi, baik pengeluaran maupun pemasukan, tercatat rapih di aplikasi. Kamu juga bisa memanfaatkan banyak promo di DANA untuk meminimalisir pengeluaran dan bisa lebih hemat.

Nah, kalau untuk membantu transaksi keuangan, kamu bisa menyimpan kartu bankmu, baik kredit ataupun debit, di DANA. Tenang, hal ini tidak akan membuatmu jadi lebih boros, karena di DANA kamu bisa mengatur limit harian kartu kredit atau debit yang kamu simpan di DANA.

Atur Limit di DANAAtur Limit di DANA Foto: DANA

Keunggulan lainnya simpan kartu Bank di DANA adalah DANA tidak menyimpan informasi saldo dan data kartu bankmu serta ada jaminan 100% uang kembali jika akun & transaksi disalahgunakan. Jaminan ini sesuai syarat & ketentuan yang berlaku ya.

Untuk keamanan & kenyamanan simpan kartu bank di DANA, kamu juga gak perlu meragukan lagi. Karena setiap transaksimu akan dilindungi DANA Protection, plus kamu juga bisa mengaktifkan Payment Authentication, yang membuat setiap transaksimu akan di challenge dengan PIN. Jadi meminimalisir penyalahgunaan akun DANAmu deh.

Jika terjadi suatu hal pun jangan khawatir, karena ada Customer Care DANA 24 Jam yang siap membantumu kapan pun & DANA berada di bawah pengawasan Bank Indonesia sehingga sangat terpercaya.

Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)