Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Barang Diskon (Bagian 1)

Bareyn Mochaddin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 30 Okt 2021 09:31 WIB
Para pengunjung menikmati suasana pusat perbelanjaan dengan sejumlah produk yang menyajikan diskon Natal dan Tahun Baru di salah satu mall di Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (26/12/2020). Pemerintah mendorong peningkatan daya beli masyarakat yang melemah akibat pandemi COVID-19 dengan berbagai stimulus kebijakan seperti memperlancar arus barang.
Ilustrasi barang diskon/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tanggal cantik akhir-akhir ini seringkali membuat resah jiwa dan keuangan Kita. Setiap tanggal cantik, diskon besar-besaran seperti menggoda agar. kita secara sukarela mengeluarkan uang untuk membeli barang yang sudah ada di "keranjang belanja".

Memang, bertemu momen diskon itu seringkali bikin galau. Dibeli sekarang, ataukah nunggu dulu aja? Kalau belinya dientar-entar, nanti diskonnya udah gak ada. Malah mungkin barangnya yang udah gak ada?

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang incaran yang lagi diskon gede-gedean, coba deh kamu perhatikan dulu 4 hal ini agar kamu bisa lebih baik dalam memutuskan membeli barang yang jadi incaran.

1. Kondisi Barang

Tak jarang, barang didiskon karena kondisi dari barang tersebut tidak sesempurna barang yang lainnya. Istilahnya bisa barang defect, barang reject, dan lain sebagainya. Sehingga, penting sekali bagi kamu untuk memperhatikan kondisi dari barang tersebut.

Jangan sampai, kamu udah duluan tertarik dengan barang diskon tersebut, tetapi berujung kekecewaan karena ternyata barang yang Kamu beli tidak sesuai dengan apa yang telah Kamu bayangkan.

Jika hal ini terjadi, tentu "pancaran kebahagiaan" barang tersebut bagi kamu menjadi berkurang. Tidak menutup kemungkinan, karena "pancaran kebahagiaannya" berkurang, akhirnya barang tersebut tidak kamu maksimalkan dan hanya disimpan di gudang.

Bisa juga, karena kondisi barangnya tidak sesempurna barang lainnya membuat masa pakai dari barang tersebut menjadi lebih sebentar. Karenanya, kamu harus mempertimbangkan antara masa pakai dan harga yang harus dibayarkan.

Cek lagi halaman berikutnya, masih ada info menarik. Langsung klik