Jelang Akhir Tahun, Yuk Hitung Aset dan Kekayaan Sendiri

Nurcholis Maarif - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 08:28 WIB
Ilustrasi Menghitung Aset
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Menghitung kekayaan bersih dapat bermanfaat untuk menilai apakah jumlah harta yang dimiliki lebih besar dari utang, termasuk untuk mengevaluasi keuangan pribadi. Hal itu bisa dilakukan minimal satu kali selama setahun dan bisa dilakukan menjelang tutup tahun seperti saat ini.

Sebagai contoh, neraca perusahaan yang mencantumkan semua aset dan liabilitas adalah alat yang berguna, baik bagi perusahaan untuk memahami nilai perusahaan hingga bagi orang luar untuk menentukan apakah itu investasi yang layah.

Jika diterapkan dalam kehidupan pribadi, neraca keuangan akan menggambarkan apakah pengelolaan finansial-mu berada di jalan yang tepat atau sesuai tujuan atau malah sebaliknya. Dilansir dari CNBC, ada beberapa langkah untuk menghitung nilai kekayaan bersih.

Kumpulkan Dokumen Keuangan

Kumpulkan semua data pengeluaran, dari kartu kredit, saldo rekening bank, dan investasi untuk mencantumkan semua aset dan kewajiban. Asetmu adalah hal-hal yang dimiliki dan memiliki nilai, termasuk tabungan tunai, sertifikat deposito (CD), rekening pensiun, investasi lainnya, nilai rumah, mobil, dan perhiasan.

Setelah itu, tentukan kewajiban yang harus dibayar seperti membayar ke lembaga keuangan, termasuk utang kartu kredit, utang pinjaman siswa, pinjaman mobil, hipotek, pinjaman pribadi, dan utang medis.

Daftar Aset dan Kewajiban

Setelah memiliki semua dokumen, gunakan Excel atau cari aplikasi di PlayStore/App Store untuk mencantumkan aset dan kewajiban dalam dua kolom. Sertakan juga nilai yang harus dibayar setiap item sehingga dapat mengetahui total nilainya.

Semua nilai harus berasal dari hari yang sama sehingga lembar ini mencerminkan titik waktu yang sama untuk keuanganmu.

Nilailah Neraca Keuangan

Setelah semuanya tercantum, kurangi total kewajiban yang harus dibayar dari total aset. Ini akan menunjukkan kekayaan bersih. Sekarang perhatikan lebih dekat setiap kolom.

Dari situ, kamu dapat mengevaluasi dan memperbaharui untuk membantu mencapai tujuan keuangan. Sebagai contoh, kamu mungkin menemukan bahwa kamu sudah berinvestasi lebih dari yang dibayangkan di entitas investasi yang memiliki risiko besar. Pada sisi lain, kamu bisa memindahkan sebagian uang itu ke akun investasi pensiun untuk menjamin masa tua.

Jadwalkan pengingat untuk memperbarui neraca secara rutin, seperti setahun sekali. Dengan begitu kamu akan selalu memiliki informasi terbaru yang perlu dilihat jika memiliki tujuan baru dalam keuangan.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghitung aset dan kekayaan bersih, termasuk untuk mengevaluasi dan menentukan target finansialmu ke depannya. Sebab seperti diketahui, pengelolaan finansial yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidupmu dan membuatmu #BebasDrama di masa yang akan datang.

DANA Bebas DramaDANA Bebas Drama Foto: DANA

Selain itu, untuk membantu mengelola finansial yang baik, kamu bisa menggunakan dompet digital DANA. Sebab setiap transaksi, baik pengeluaran maupun pemasukan, tercatat rapih di aplikasi. DANA juga memiliki sederet fitur yang memudahkan kamu untuk hidup produktif.

Misalnya DANA Goals yang dapat membantu merealisasikan disiplin perencanaan terkait target finansial yang ingin dicapai. Lalu ada DANA eMAS untuk investasi emas secara digital dan lebih mudah. DANA juga dapat membantu mendigitalisasi transaksi keuangan termasuk pembayaran, menabung hingga bisnis.

Yuk, download dan pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)