Tips Menyisihkan Gaji yang Pas untuk Orang Tua, Sudah Tahu?

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 10:09 WIB
Ngasih Uang ke Orang Tua
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Memberikan uang untuk orang tua adalah salah satu budaya yang sering dijumpai di Indonesia. Hal ini dinilai sebagai salah satu tindakan balas budi karena orang tua telah membesarkan dan mendidik hingga dewasa.

Memberi uang untuk orang tua biasanya dilakukan seseorang saat sudah bekerja. Tak hanya saat hari-hari besar seperti Idul Fitri, memberi kepada orang tua juga kadang dilakukan seseorang setiap bulan saat gajian. Lalu berapa idealnya uang yang harus diberikan ke orang tua?

Dilansir dari Lifepal, mengenai berapa persen alokasi gaji untuk orang tua sebenarnya tidak ada standarnya. Tapi, patokannya adalah bisa untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari, syukur-syukur punya rezeki lebih dan bisa memenuhi kebutuhan tersier mereka.

Pastinya, kamu harus bisa membedakan bahwa uang yang diberikan ke orang tua itu sifatnya berdasarkan hubungan emosional, bukan transaksional. Namun, jika dibedakan dari jenis pendapatan orang tua, ada beberapa saran yang bisa diterapkan.

Orang Tua Mandiri Finansial

Dalam beberapa kasus, ada orang tua yang meski sudah tua dan tidak lagi bekerja secara profesional, tapi masih mandiri secara finansial. Contohnya, finansialnya disokong oleh instrumen-instrumen investasi yang dimilikinya, atau telah menjalani sebuah bisnis yang menguntungkan.

Nah, karena santunan untuk orang tua bersifat emosional, jadi kamu tetap bisa memberikan mereka uang meskipun mereka nggak butuh-butuh banget. Besarannya, terserah kamu berapa pun yang kamu bisa, misalnya bisa 10% dari gaji atau 20% dari gaji.

Orang Tua Tidak Memiliki Pendapatan

Sebaliknya, jika orang tua tidak memiliki pendapatan tetap, kamu bisa mengalokasikan minimal untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Tidak ada standar terkait besaran yang harus diberikan, tetapi kamu bisa menghitung apa saja yang dibutuhkan orang tua. Misalnya untuk kebutuhan makan selama satu bulan, kebutuhan obat, tagihan listrik dan asuransi kesehatan serta kebutuhan lainnya.

Itulah beberapa saran besaran uang yang bisa diberikan untuk orang tua. Hal yang perlu dicatat adalah uang yang diberikan ke orang tua itu sifatnya berdasarkan hubungan emosional, bukan transaksional.

Selain itu, untuk memudahkan mengirim uang ke orang tua, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA. DANA bisa memudahkan kamu kirim uang ke mana saja, kapan saja. Pasalnya dengan DANA, kamu bisa memilih mau mengirimkan uang dari Saldo DANA atau Kartu Debit yang tersimpan di DANA.

Selain itu, kamu juga bisa transfer uang langsung ke bank dengan gratis biaya admin sehingga Bebas Bokek. Gak cuma hemat, Kirim Uang pakai DANA juga canggih dan praktis karena bisa lewat link pembayaran yang dikirim via chat atau sosial media. Kamu hanya tinggal masukin nominal di DANA terus copy paste link-nya ke tujuan. Nantinya, si penerima bakal buka linknya dan terima uangnya.

DANA Bebas GaptekFoto: Dok. DANA

Kamu juga bisa mengirim uang ke keluarga atau kerabat yang belum memiliki rekening bank sekalipun menggunakan nomor HP. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan kalau penerima transferan download, register, dan upgrade ke DANA Premium agar semua fitur di DANA bisa dinikmati.

Selain semakin memudahkan dalam transfer uang, kini kamu juga bisa tambah untung saat bertransaksi menggunakan DANA. Sebab saat ini DANA sedang menggelar DANA Pesta Poin 11.11 selama 1-11 November 2021.

Dengan bertransaksi menggunakan DANA mulai dari transfer uang, bayar tagihan di DANA, atau beli Voucher A+ Rewards di DANA, pengguna bisa mengumpulkan DANA Points sebanyak-banyaknya yang kemudian bisa ditukarkan dengan hadiah menarik di DANA Auction pada 9-11 November 2021.

Hadiahnya mulai dari nge-date bareng Anya Geraldine hingga nonton konser virtual Tulus, Rizky Febian, Kunto Aji, dan Nadin Amizah. Lalu ada juga berbagai hadiah lainnya, seperti sepatu Nike Air Jordan, Samsung Galaxy Z Flip 3, Playstation 5, dan masih banyak deh!

DANA Pesta PoinFoto: DANA

Cara lain untuk mendapatkan DANA Points selain transaksi menggunakan DANA, pengguna bisa juga nonton live streaming 11.11 di aplikasi DANA & klik link yang dibagikan di kolom komentar untuk mendapatkan DANA Points gratis.

Oiya, ada juga lho Extra Points Time yang bikin kamu bisa dapat DANA Points dua kali lebih banyak. Kamu bisa ikutan Extra Points Time ini dari 7-11 November 2021 yang terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 11.00 - 13.00 WIB & sesi kedua pukul 17.00-19.00 WIB.

Catat tanggalnya dan mulai ikutan sekarang yuk!

(ncm/ega)