Mau Pensiun Bahagia? Lakukan 5 Hal Ini

Gitaria Eka – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 08:25 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Apa yang muncul di benak mu ketika mendengar kata pensiun? Tidak lagi bekerja dan memiliki penghasilan, atau justru masa untuk menikmati hasil kerja keras selama usia produktif yang mungkin karena keterbatasan waktu tidak dapat dilakukan, seperti mengerjakan hobi, melakukan aktivitas sosial keagamaan, atau jalan-jalan?

Setiap orang, suka atau tidak suka akan mengalami usia pensiun dan tidak lagi bekerja serta menerima penghasilan seperti layaknya saat usia produktif. Meskipun, bisa jadi, dalam beberapa kasus, jika keahlian yang kamu miliki sangat mumpuni, ada kemungkinan tetap dipekerjakan meski sudah masuk usia pensiun.

Tapi, walaupun begitu, kondisi fisik yang menua menjadikan gerak tubuh tak seluwes saat usia muda, sehingga mau tidak mau, akan terjadi pengurangan kegiatan dibandingkan saat sebelum pensiun.

Meskipun telah pensiun dan tidak lagi mendapat penghasilan, kebutuhan hidup tidak lantas berhenti, pengeluaran akan terus berjalan. Nah, saat masa itu tiba, saatnya menggunakan dana pensiun yang telah dikumpulkan sendiri selama usia produktif, maupun dana pensiun dari perusahaan tempat kamu bekerja dahulu.

Memiliki hidup sejahtera dan bahagia saat masa pensiun tiba menjadi impian banyak orang, meski sudah tidak bekerja dan memiliki penghasilan, kamu dapat hidup nyaman dengan aset yang sudah dikumpulkan, mencukupi semua kebutuhan serta keinginan selama pensiun.

Lakukan deretan hal ini jika ingin pensiun bahagia. Cek halaman berikutnya.