Wah, Ternyata Ini Cara Bijak Mengelola Bonus Tahunan!

ADVERTISEMENT

Wah, Ternyata Ini Cara Bijak Mengelola Bonus Tahunan!

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 19:59 WIB
Bonus Karyawan
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bonus akhir tahun merupakan 'hadiah' idaman bagi para pekerja yang telah berdedikasi pada perusahaan. Cairnya bonus akhir tahun membuat pekerja bisa merealisasikan rencana dan keinginan yang telah disusun, mungkin sejak awal tahun.

Tak dapat dipungkiri, saat uang sudah di tangan, dorongan untuk memenuhi keinginan akan sangat tinggi. Itulah sebabnya kamu harus pintar mengelola uang bonus, agar tak ludes tanpa jejak dan berujung penyesalan.

Supaya bonus tahunan lebih bermanfaat, sebaiknya buat skala prioritas untuk mengalokasikan uang tersebut. Berikut ini, beberapa item yang sebaiknya dimasukkan dalam daftar alokasi uang bonus akhir tahun, dikutip dari Forbes.

1. Pelunasan Hutang

Bonus akhir tahun bisa kamu manfaatkan untuk melunasi cicilan agar tak membebani di kemudian hari. Adapun cicilan yang sebaiknya dilunasi dengan uang bonus, yakni hutang konsumtif berupa kredit tanpa agunan (KTA) atau pinjaman pada kolega. Berbeda halnya dengan hutang produktif seperti KPR atau kredit kendaraan yang sudah dialokasikan dananya setiap bulan, kamu tak perlu melunasinya segera dengan uang bonus.

2. Investasi

Kalau kamu masih merasa gaji belum cukup untuk memulai investasi, uang bonus dapat dialokasikan untuk memulai investasi. Kamu bisa menginvestasikan uangmu ke instrumen apapun, seperti emas, reksa dana, obligasi, dan lainnya. Tak harus seluruh uang bonus diinvestasikan, sebab kamu juga butuh mengapresiasi diri sendiri setelah bekerja setahun penuh.

3. Buat Dana Cadangan

Menyisihkan sedikit bonus tahunanmu untuk menjadi dana cadangan adalah pilihan yang bijak. Uang ini akan sangat berarti ketika kamu dalam keadaan darurat. Simpan dana cadangan ini di rekening khusus yang tak akan kamu utak-atik jika tak benar-benar terdesak.

4. Liburan

Liburan tak dapat diartikan sebagai kegiatan foya-foya, sebab tanpa disadari tubuh dan pikiranmu membutuhkan penyegaran. Tekanan kerja dan padatnya rutinitas membuat pikiran dan tubuh sangat lelah, oleh sebab itu kamu membutuhkan liburan untuk melepas penat dan menumbuhkan perasaan bahagian serta semangat untuk kembali bekerja. Liburan akan membuat kamu lebih produktif karena pikiran dan tubuh sudah kembali prima.

5. Beli Barang Hobi

Mau beli mainan, perhiasan, barang fesyen, makanan enak, dan lainnya? Sah-sah saja, selama kamu mampu dan tak memaksakan diri. Selama semua kebutuhan dan kewajiban terpenuhi, kamu bebas mengapresiasi diri sendiri dengan membeli apa yang kamu mau.

Nah, agar uang bonus terpakai dengan tepat guna, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA dengan segala fiturnya yang lengkap. Mau belanja, bayar tagihan, kirim uang, semua bisa dilakukan dengan Bebas Cemas.

DANA Bebas CemasFoto: DANA

Selain itu, aplikasi DANA kini sudah dilengkapi DANA Protection yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih dan dinamis. DANA Protection dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, berupa PIN, Kode OTP, atau Verifikasi Wajah sehingga transaksi akan jadi aman.

Plus, transaksi pun semakin nyaman karena DANA Protection yang memberikan jaminan 100% garansi uang kembali sesuai syarat & ketentuan yang berlaku di aplikasi DANA. Hal ini akan bikin kamu bebas cemas bertransaksi menggunakan dompet digital DANA.

Nah, sebelum bonus tahunan cair, coba buat dulu perencanaan keuangan yang matang. Jangan lupa pakai DANA agar transaksi apapun jadi lebih mudah, praktis, dan aman.

(ncm/ncm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT