Catat! 5 Hal yang Wajib Masuk dalam Daftar Resolusi Keuangan 2022

ADVERTISEMENT

Catat! 5 Hal yang Wajib Masuk dalam Daftar Resolusi Keuangan 2022

Nada Zeitalini - detikFinance
Rabu, 08 Des 2021 11:34 WIB
Ilustrasi Perencanaan Keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mempersiapkan dan menyusun rencana keuangan jelang tahun baru merupakan hal yang penting. Membuat resolusi keuangan yang matang merupakan fondasi awal untuk menentukan dan mencapai target finansial di tahun depan.

Dilansir dari berbagai sumber, dengan mencapai tujuan finansial maka kestabilan finansial juga dapat tercapai. Hal inilah yang sering dijadikan kunci sukses hidup bagi kebanyakan orang.

Meskipun menentukan tujuan adalah komponen penting dalam sebuah perencanaan keuangan, tetapi tak ada metode yang benar-benar cocok untuk mengidentifikasikan dan memprioritaskan tujuan pada setiap orang. Sebab, tidak ada yang bisa menargetkan tujuan selain diri sendiri.

Namun, ada beberapa list yang harus masuk dalam daftar resolusi keuanganmu tahun depan, simak yuk!

1. Pengeluaran dan Kredit/Pinjaman

Hal pertama yang harus masuk dalam resolusi keuangan depan adalah rencana pengeluaran, termasuk jika ingin mengambil kredit atau pinjaman. Sebagai contoh, agar tidak berlebihan dalam memakai kredit, perlu adanya rencana pengeluaran dan kredit atau pinjaman selama satu tahun mendatang.

Kamu bisa membuat list perencanaan pengeluaran yang akan dilakukan dalam setahun mendatang. Pengeluaran tersebut bisa dari list barang yang hendak dibeli dan menjadi kebutuhan, serta pengeluaran untuk biaya pembayaran kredit atau pinjaman.

2. Modal untuk Pengembangan Karier

Modal untuk pengembangan karier bisa menjadi tujuan finansial pada tahun yang baru. Sebab pengembangan karier bisa juga berdampak pada pendapatan. Jika dengan mengembangkan karier berdampak ke peningkatan pendapatan, maka ini bisa masuk list prioritas dalam perencanaan keuangan.

3. Dana Pendidikan

Sering kali kurang diperhatikan, pendidikan perlu masuk dalam tujuan finansial tahunan. Kamu mungkin perlu menyiapkan dana khusus untuk pendidikan diri sendiri ataupun anak. Rincikan kisaran biaya untuk pendidikan selama setahun mendatang. Kemudian kamu bisa membuat tabungan pendidikan untuk anak misalnya.

4. Beli Rumah dan Perabotan

Membeli rumah dan perabotan juga bisa masuk dalam tujuan finansialmu. Tulislah ini dalam list goal rencana kamu menyambut tahun yang baru. Dengan begitu maka akan memberikan gelora semangat untuk kamu dalam mencapainya. Buatlah tabungan khusus untuk membeli rumah atau perabotan.

5. Manajemen Risiko Keluarga

Risiko keluarga adalah hal yang sering kali terlupakan oleh banyak orang. Padahal hal tersebut merupakan komponen penting yang harus masuk dalam resolusi keuangan. Maka dari itu, dalam setahun mendatang kamu perlu mengatur dengan baik hal-hal dalam keluarga yang memberi risiko terhadap finansial. Misalnya dengan menyiapkan tabungan sebagai dana darurat dan sebagainya.

Selain kelima daftar di atas, kamu juga bisa memasukkan beberapa daftar yang bisa dipertimbangkan masuk dalam pembuatan resolusi keuangan tahun depan. Antara lain perencanaan pensiun, liburan dan rekreasi, kegiatan sosial, hingga perencanaan warisan.

Itulah beberapa daftar yang bisa masuk dalam resolusi keuangan yang akan dibuat untuk tahun depan. Buatlah sesuai daftar prioritas. Sebab dengan tujuan finansial yang jelas maka kamu akan semakin mudah dalam melakukan perencanaan keuangan.

Nah, agar dalam menyusun perencanaan keuangan #BebasDrama, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi dompet digital DANA. Aplikasi tersebut membantu kamu mengelola finansial dengan baik. Nantinya setiap transaksi keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan akan tercatat rapi di aplikasi.

DANA Bebas DramaDANA Bebas Drama Foto: DANA

Aplikasi dompet digital tersebut juga menyediakan fitur DANA Goals yang cocok digunakan untuk merealisasikan target finansial yang ingin dicapai satu tahun ke depan. Selain itu, sistemnya yang serba digital juga memudahkan untuk digunakan kapan pun dan di mana pun. Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT