Awas! 5 Hal Ini Sering Bikin 'Drama' Gagal Transfer Uang

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 19:33 WIB
Ilustrasi Transfer Uang
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kegagalan dalam urusan transfer uang seringkali menjadi hal yang menyebalkan dan tak jarang bikin panik. Terlebih, saat dihadapkan pada kebutuhan darurat, misalnya untuk kirim uang ke kerabat terdekat atau saat ingin bayar transaksi belanja online.

Untuk itu, ada baiknya untuk kamu mengenali penyebab transfer uang gagal yang seringkali bikin 'drama' agar bisa mencari solusinya dan bisa menghindarinya di kemudian hari. Melansir berbagai sumber, berikut 5 hal yang kerap menjadi penyebab transfer uang gagal.

Gangguan Sistem

Setiap harinya, sistem perbankan maupun aplikasi transfer uang bisa melayani transaksi yang tak terhitung jumlahnya. Oleh karena itu, kadang kala terjadi gangguan yang kadang menyebabkan kegagalan transfer terjadi. Gangguan sistem juga bisa terjadi karena jaringan ATM yang mati, baik untuk perbaikan/maintenance atau karena ada masalah yang terjadi.

Jika hal ini terjadi saat kamu melakukan transaksi di mobile atau internet app, sebaiknya kamu cek lagi jaringan internet yang kamu gunakan. Pastikan jaringan internet terkoneksi dengan baik agar tak mengalami kendala. Sementara jika hal ini kamu temui saat melakukan transaksi di ATM, solusi paling cepat adalah beralih ke mesin ATM lainnya.

Nomor Rekening Penerima Salah

Transaksi keuangan memiliki sistem otentikasi yang sangat ketat dan sensitif, oleh karena itu kesalahan data yang tidak akurat bisa menyebabkan kegagalan. Setiap transaksi dengan kredensial yang tidak cocok atau informasi yang tidak lengkap biasanya tidak akan bisa diproses, termasuk saat kamu salah memasukkan nomor rekening penerima yang akan dituju.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya untuk berhati-hati dalam menekan tombol nomor rekening. Perhatikan dan cocokkan nomor yang kamu catat dengan angka yang kamu tekan di ATM ataupun aplikasi mobile payment milikmu.

Salah Input Kode Bank Tujuan

Selain kesalahan nomor rekening, kesalahan input kode bank tujuan juga bisa menyebabkan transfer uang gagal. Dalam melakukan kegiatan pengiriman uang, terutama jika bank tujuan dan bank pengirim berbeda, terdapat kode bank yang perlu dimasukkan.

Periksa ulang setiap informasi yang kamu butuhkan sebelum memulai pembayaran. Ada baiknya juga untuk melakukan riset terlebih dahulu supaya kesalahan dalam memasukkan kode bank tujuan bisa kamu hindari.

Limit Batas Transfer Harian

Penyebab lain yang kerap membuat transaksi transfer uang gagal adalah adanya limit transfer harian. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh jenis tabungan yang digunakan. Diketahui, beberapa jenis tabungan memang membatasi jumlah transfer harian, misalnya maksimal Rp10 juta dalam sekali transfer.

Untuk menghindari hal seperti ini, ada baiknya untuk memperhatikan secara seksama ketentuan tabungan yang dimiliki saat membuka rekening, khususnya terkait batas transfer dari tabungan tersebut. Jika dirasa kurang, kamu bisa pilih jenis tabungan atau bank yang lain.

Saldo di Rekening Kurang

Jika saldo di rekening tak mencukupi, sudah pasti kamu tidak bisa melakukan transfer dalam jumlah tertentu. Terlebih, kebanyakan bank menerapkan aturan minimal saldo untuk menutup rekening sehingga kamu nggak bisa menghabiskan semua uang yang ada di rekening untuk ditransfer ke rekening lain.

Meski kekurangannya hanya sedikit, hal ini bakal berpotensi menyebabkan kegagalan transfer. Oleh karena itu, sebaiknya cek terlebih dahulu jumlah saldo yang dimiliki sebelum melakukan transfer uang agar terhindar dari kegagalan.

Selain mengetahui 5 hal di atas, kamu juga bisa terhindar dari 'drama' gagal transfer uang dengan pakai Dompet Digital DANA. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk transfer uang, karena DANA memiliki segudang fitur Kirim Uang yang canggih.

Dengan fitur Kirim Uang di DANA kamu bisa kirim uang dengan berbagai cara. Mulai dari kirim ke no. HP, kirim ke bank atau antar bank, dan kirim link via chat atau direct message media sosial favoritmu. Menariknya, pengguna DANA sekarang juga bisa mengetahui status/progres pengiriman uang jika uang yang dikirim pending.

DANA Kirim UangFoto: DANA

Hal ini tentunya membuat setiap transfer jadi lebih tenang dan Bebas Cemas. Tak hanya itu, DANA juga menjamin garansi 100% uang kembali jika proses transaksi gagal, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Yuk, tunggu apa lagi? Manfaatkan DANA agar terhindar dari 'drama' gagal transfer uang dan bisa #BebasCemas saat melakukan transaksi keuangan. Download & pakai DANA sekarang.

(ads/ads)