Punya Banyak Tagihan yang Wajib Dilunasi? Begini Cara Atur Duitnya

Dea Duta Aulia - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 11:52 WIB
Shutterstock
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Tagihan seperti BPJS, listrik, air, internet, dan lainnya harus segera dibayarkan tepat waktu. Sayangnya, tidak sedikit orang mengalami kesulitan untuk membayar tagihan secara tepat waktu.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Secara umum hal tersebut terjadi karena tidak sedikit orang yang sulit menentukan skala prioritas.

Tips melunasi tagihan bulanan sebelum gajian habis:

1. Buat Daftar Tagihan Per Bulan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar tagihan per bulan. Untuk membuat daftar ini sebenarnya tidak terlalu sulit dan cenderung mudah untuk dilakukan.

Cara membuatnya pun bisa dimulai dengan membayar beragam tagihan yang bersifat pokok, seperti kesehatan, telekomunikasi, hingga cicilan rumah. Jika semua sudah selesai dibayarkan tidak ada salahnya jika kamu melakukan self reward untuk membuat diri menjadi lebih bahagia.

2. Prioritaskan Tagihan yang Harus Dilunasi Duluan

Membuat skala prioritas merupakan hal yang wajib untuk dilakukan ketika sudah memiliki tagihan. Dengan begitu kamu bisa lebih mendahulukan kebutuhan yang bersifat sangat wajib untuk dipenuhi. Serta mengesampingkan kebutuhan yang tidak terlalu penting. Dengan melakukan cara ini, dijamin, kamu akan lebih bijak dalam mengelola keuangan.

3. Pasang Alarm atau Kalender agar Tidak Terlupa

Lupa adalah salah satu sifat alami manusia yang sering dirasakan oleh setiap orang. Begitu juga saat pembayaran tagihan tiba. Tidak sedikit orang yang lupa untuk membayar tagihan. Biasanya, saat lupa membayar tagihan pun akan memberikan efek negatif mulai dari kena biaya charge atau yang terparah pemutusan layanan.

Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu bisa pasang alarm untuk jadwal pembayaran iuran. Atau kamu juga bisa membuat note kalender pada smartphone agar dapat mendapatkan notifikasi secara otomatis ketika jadwal pembayaran tagihan tiba. Melalui cara tersebut, kamu bisa meminimalisir untuk lupa membayar tagihan.

4. Manfaatkan Aplikasi Dompet Digital

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan layanan dompet digital agar pembayaran tagihan bulanan bisa dijalankan secara tepat waktu dan tanpa ribet. Mengingat, saat ini, banyak dompet digital yang sudah mampu mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan mulai dari BPJS, internet, listrik, dan lainnya.

Salah satu aplikasi yang mampu memberikan kemudahan saat membayar tagihan yakni dompet digital DANA. Aplikasi tersebut dapat membantu para pengguna untuk melakukan transaksi keuangan. Tak hanya itu, dompet digital DANA juga mampu membantu masyarakat untuk mengelola keuangan.

Sebab, dompet digital DANA memiliki kemampuan untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan setiap penggunanya dengan rapi pada aplikasi tersebut.

Selain itu, dompet digital DANA juga memiliki fitur MyBills juga bisa digunakan untuk membayar beragam tagihan mulai dari kesehatan, listrik, internet, telepon rumah, pulsa pascabayar, hingga kartu kredit. Dengan fitur tersebut, dijamin, para pengguna akan merasakan kemudahan saat membayar beragam tagihan.

ShutterstockFoto: Dok. DANA

Fitur MyBills juga memiliki dua layanan yakni Subscription dan Reminder. Kedua layanan tersebut akan memberikan banyak kemudahan pada para pelanggan seperti, bisa langsung berlangganan semua jenis tagihan yang ada di aplikasi DANA, H-1 diingatkan terkait jumlah serta jatuh temponya, bisa bayar tagihan secara berbarengan, dapat melacak riwayat transaksi, dan bebas ribet.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk download & pakai DANA sekarang agar keuangan kamu terkelola dengan baik!

(akd/ara)