3 Hal yang Perlu Dilakukan Bunda Zaman Now dalam Mengatur Keuangan

ADVERTISEMENT

3 Hal yang Perlu Dilakukan Bunda Zaman Now dalam Mengatur Keuangan

Nada Zeitalini - detikFinance
Rabu, 22 Des 2021 15:24 WIB
BRI
Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

Menjadi ibu atau bunda tentu memiliki banyak tantangan tersendiri, tak terkecuali dalam mengatur keuangan keluarga. Mulai dari memahami keuangan keluarga, mengatur pengeluarannya, hingga , menyiapkan rencana keuangan masa depan.

Tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Hal itu juga disampaikan oleh EVP Wealth Management BRI, Tina Meilina tentang bagaimana mengatur keuangan yang baik yang disampaikannya dalam live streaming bertema Bunda Zaman Now Spesial Hari Ibu, Rabu (22/12/2021)

"Sebenarnya masing-masing punya cara tersendiri, tergantung rumah tangganya masing-masing," ucapnya.

"Tapi yang paling penting dalam mengatur keuangan keluarga adalah mengenali kondisi keluarga masing-masing" tambahnya

Nah, terkait mengatur keuangan yang baik, Tina juga membagikan tips yang perlu dilakukan oleh bunda smart zaman now.

1. Mengenali Kondisi Keuangan Keluarga

Sebelum mengatur keuangan keluarga yang baik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali kondisi keuangan keluarganya. Nah, hal ini juga sejalan dengan yang disampaikan Tina bahwa setiap keluarga memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda.

Dari sini, bunda zaman now perlu memahami bagaimana catatan dan laporan keuangan dalam keluarganya. Kemudian dari sana bisa mengetahui apakah sudah tertib dan disiplin mengelola keuangan.

2. Meliterasi Diri terkait Keuangan yang Baik

Kemudian hal yang juga penting ditanamkan adalah meliterasi diri dengan pengetahuan seputar rencana keuangan, mengatur dan mengelola keuangan yang baik. Pelajaran-pelajaran seputar ini bisa bunda-bunda dapatkan dari berbagai sumber. Misalnya media sosial, konsultan keuangan dan sebagainya.

Seperti yang disampaikan Tina Meilina, literasi yang baik pada bunda zaman now dalam mengatur keuangan adalah tahu tentang cash flow keluarga. Kemudian juga mengetahui tentang pilihan-pilihan untuk simpanan, mulai dari tabungan, deposito, dan mencoba investasi. Terakhir adalah melindungi keluarga dengan asuransi.

"Itu basic financial needs yang seharusnya bunda tahu semua" tutur Tina.

3. Mereview Kondisi Keuangan

Terakhir dan yang juga penting adalah rajin mereview atau mengulas kondisi keuangan keluarga. Sebab hal ini seringkali terlupakan, apakah kondisi keuangan keluarga sudah dalam posisi aman atau belum.

Lalu apakah catatan keuangan sudah baik atau belum. Kemudian juga terkait rencana-rencana masa depan sudahkah tercukupi, misalnya tentang tabungan pendidikan anak dan asuransi kesehatan.

Itulah 3 sikap yang perlu dimiliki oleh bunda zaman now dalam mengatur keuangan. Tentunya hal ini mesti diterapkan untuk mencapai keuangan keluarga yang baik dan diharapkan.

"Jadi bunda yang bijak adalah yang mengerti bagaimana melindungi keluarganya dari kemampuannya mengatur keuangan bisa menjadikan dirinya bunda yang makin dicintai keluarga," tutur Tina.

Dalam kesempatan acara tersebut Tina juga menyampaikan bahwa para ibu yang juga nasabah bank bisa mengkonsultasikan berbagai rencana keuangannya melalui satu bank, misalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sebab, ia menjelaskan bahwa bank saat ini sudah memiliki banyak produk yang memfasilitasi nasabahnya terkait perencanaan keuangan. Mulai dari tabungan biasa, deposito, investasi, tabungan pendidikan, tabungan proteksi kesehatan, tabungan emas, fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR), dan sebagainya yang lebih lengkap.

"Jadi sebetulnya masuk ke BRI aja sudah seperti masuk ke supermarket, tapi supermarket financial," pungkasnya.

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT