Resolusi Keuangan 2022, Begini Jurusnya Biar Nggak Boncos

ADVERTISEMENT

Resolusi Keuangan 2022, Begini Jurusnya Biar Nggak Boncos

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 15:18 WIB
ilustrasi uang
Foto: iStock
Jakarta -

Tak terasa, tahun 2021 akan berakhir dalam hitungan jam dan masyarakat bersiap menyambut tahun baru 2022. Menjelang tahun baru, banyak orang menyusun resolusi untuk tahun depan. Nah, penting juga untuk menyusun resolusi keuangan.

Alasannya, adalah agar pengaturan keuangan menjadi lebih baik, kondisi keuangan lebih sehat, uang yang dihasilkan tidak sia-sia dan belajar dari kekurangan serta kesalahan di tahun sebelumnya.

Lantas, apa saja sih rekomendasi resolusi keuangan untuk tahun 2022? Simak berikut ini:

1. Memenuhi Dana Darurat

Menurut perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari mengingat pandemi masih berlangsung dan belum tahu kapan akan selesai, dana darurat menjadi top terpenting dalam resolusi mengatur keuangan.

Dalam mengatur dana darurat bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama uang darurat ditambakan dalam tabungan, kemudian sisanya bisa dimasukan ke produk investasi, tabungan emas, deposito atau pasar uang.

"Bagi yang belum dan sudah atau tinggal sedikit dana darutnya, sebaiknya itu dikejar, karena masih di situasi pandemi kita tidak tahu kapan ini berakhir," ucapnya kepada detikcom, Jumat (31/12/2021).

2. Menyelesaikan Utang

Ia menekankan untuk menyelesaikan utang konsumtif. Terutama utang dalam bentuk pinjaman online (pinjol) hingga PayLater. Menurutnya resolusi 2022 seharusnya sudah bisa bebas dari utang.

"Sudah nggak zamannya lagi pinjol-pinjol atau PayLater. Segera itu diselesaikan, agar kita maju tidak berkutat dengan utang saja. Targetnya tahun depan sudah selesai," ujarnya.



Simak Video "Syarat Prokes Tak Lengkap, 7.000 Penumpang KA Batal Berangkat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT