ADVERTISEMENT

3 Ciri Pengelolan Keuangan yang Sehat

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 11 Feb 2022 22:37 WIB
Ilustrasi Perencanaan Keuangan
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pengelolaan keuangan dalam keluarga merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya dengan pengelolaan keuangan yang baik maka rencana-rencana ke depan bisa berjalan dengan lancar.

Kira-kira nih apa saja ciri keuangan yang sehat dalam pengelolaannya?


(1) Uang Cukup

Influencer sekaligus Financial Planner bersertifikat Annisa Stevani mengatakan harus dipastikan uang yang dimiliki tak cuma bisa menutupi pengeluaran. Tapi juga bisa masuk ke kantong-kantong kebutuhan lainnya.

(2) Siap Kondisi Darurat

Kemudian harus menyiapkan dana darurat untuk kejadian-kejadian yang tak terduga. Annisa mencontohkan, jika kemungkinan ada saja kondisi apes.

Seperti harus ganti ban kendaraan yang mau tidak mau harus dilakukan. "Atau jika kontak erat dengan yang positif COVID-19 kan harus PCR tapi nggak diganti kantor. Nah itu bisa pakai dana darurat," ujar dia dalam acara perayaan World Hijab Day, beberapa waktu lalu.

(3) Punya Dana Investasi

Selain itu, ketika sudah memiliki tujuan keuangan dan memenuhi kebutuhan utama serta dana darurat. Maka bisa ditentukan arah investasi.

"Tapi harus tahu tujuannya apa? Misal setelah pandemi mau umrah dan rutin investasi atau dalam 5 tahun mau DP rumah baru ya boleh. Kalau tujuan-tujuan keuangan itu sudah diinvestasikan, tandanya keuangan sudah sehat," jelas dia.

Kemudian kita juga harus memahami terkait pengelolaan yaitu kesadaran diri. Misalnya harus disiplin dengan niat. Jadi ilmu dan niat harus diseimbangkan. Karena adalah hal yang mustahil jika salah satunya tidak dikerjakan.

Masih ada lagi informasi yang menarik soal pengelolaan keuangan. Klik di sini

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT